• Home »
  • BUMN »
  • Pembangunan PLTU Indramayu Diharapkan Mempekerjakan Tenaga Lokal

Pembangunan PLTU Indramayu Diharapkan Mempekerjakan Tenaga Lokal

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Pembangunan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) tahap dua di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang akan dibangun tahun 2012 diharapkan bisa melibatkan tenaga kerja dari kabupaten itu atau lokal.

Harapan itu diutarakan Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Indramayu H Wawang, SH, MH, di Indramayu kemarin.

“Untuk rekrutmen tenaga kerja, putra daerah Indramayu diharapkan bisa mendukung pembangunan megaproyek PLTU II ini. Sudah tentu disesuaikan dengan kompetensi dan aturan yang berlaku, sesuai porsi dan keahlian di bidangnya masing-masing,” kata Wawang, didampingi Kabid Hubungan Industrial dan Pengawasan Adi Satria, Kabid Sosial Dadi Haryadi, serta Kasi Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Indramayu Budi Sudrajat.

Adi Satria mengatakan, di dalam Perda No 5 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan di Kabupaten Indramayu disebutkan bahwa rekrutmen tenaga kerja agar diprioritaskan untuk putra daerah.

“Walaupun tidak ada unsur paksaan, namun tenaga kerja lokal perlu diperhatikan. Tentunya, sesuai porsi dan keahliannya masing-masing dan menyentuh rasa keadilan,” kata Adi Satria.

Terkait dengan sumber daya manusia (SDM) tenaga kerja lokal, dia menjelaskan bahwa Dinsosnakertrans Indramayu mengupayakan kegiatan dan pelatihan tenaga kerja bekerja sama dengan Pertamina dan perusahaan lain melalui program CSR. Di antaranya dengan membuka lembaga latihan kerja.

Kabid Sosial Dinsosnakertrans Indramayu Dadi Haryadi mengharapkan agar sebelum pelaksanaan pembangunan PLTU tahap dua ini, sudah ada MoU antara pihak PLN dan Pemkab Indramayu. Dengan demikian, pembangunan megaproyek PLTU itu dapat berjalan lancar dengan dukungan banyak tenaga lokal.

Kasi Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Indramayu Budi Sudrajat menambahkan, rekrutmen tenaga kerja lokal akan berkoordinasi dengan 48 lembaga latihan kerja (LLK). Ref:Kusyana/suara karya

Share
Share