Info Bursa Kerja Bali Juni 2012

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Bali Job Fair 2012 – Guna mengatasi masalah pengangguran di Bali, Pemprov Bali kembali menggelar bursa lowongan kerja (Job Fair) pada 21-22 Juni di Gelora Olah Raga Lila Bhuana Denpasar.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bali, Anak Agung Putra Adi, mengatakan jumlah lowongan kerja yang ditawarkan mencapai ribuan.

“Ada 50 perusahaan berbagai jenis usaha yang ikut dalam bursa kerja dan membuka ribuan lowongan kerja,” ujar Putra Adi kepada wartawan di Denpasar, Senin (18/6).

Menurut Putra Adi, perusahaan-perusahaan itu bergerak di berbagai bidang mulai dari perbankan, perhotelan, retail, restoran, periklanan, perdagangan, manufaktur, perusahaan pembiayaan, dan lainnya.

“Lowongan kerja yang disediakan ada tiga jenis yakni untuk pekerja penempatan lokal, antardaerah dan antarnegara,” jelas Putra Adi.

Begitu juga posisi lowongan yang ditawarkan mulai dari staf hingga level manajer dengan kualifikasi mulai dari SMU sederajat hingga sarjana dari berbagai disiplin ilmu.

Selain menerima berkas lamaran pada saat berlangsungnya bursa kerja, juga ada sejumlah perusahaan yang langsung melakukan interview bagi pencari kerja.

“Semua proses administratif di bursa kerja pencari kerja tidak dipungut biaya,” papar Putra Adi.

Program Job Fair ini, lanjut Putra Adi, tujuan utamanya adalah mempertemukan antara perusahaan penyedia lowongan kerja dengan pencari kerja. Selain bursa kerja, Disnakertrans Bali juga menyediakan bursa kerja online untuk mempermudah mempertemukan perusahaan dan pencari kerja.

Seperti diketahui, dalam dua tahun terakhir penyelenggaraan bursa kerja menunjukkan jumlah pencari kerja lebih kecil dibandingkan dengan lowongan kerja yang ditawarkan. Misalnya pada 2010 dari lowongan kerja yang ditawarkan 1.758 hanya didatangi 1.287 orang pencari kerja. Begitu juga pada bursa kerja pada 2011, dari 4.809 lowongan yang ditawarkan tapi pencari kerja yang datang cuma 1.462 orang.

Dari jumlah pencari kerja yang minim itu, yang terserap dan sudah ditempatkan hanya berkisar 300 orang tiap tahun melalui bursa kerja tersebut.

“Pada bursa kerja 2010 yang terserap dan sudah ditempatkan sebanyak 314 orang, sedangkan yang berhasil ditempatkan pada 2011 hanya 367 orang,” ujar Putra Adi.

Putra Adi juga menjelaskan, dari jumlah penduduk Bali 3.891.428 orang, tercatat yang bekerja 2.258.950 orang. Dengan jumlah angkatan kerja 2.307.550 orang, jumlah pengangguran terbukanya mencapai 2,11%, sementara jumlah total pengangguran 48.590 orang. Ref:RS/OL-3/Media Indonesia

Share
Share