Info Bursa Kerja Kaltim 2012 – Kaltim Masih Memerlukan Ribuan Tenaga Kerja

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Bursa Kerja  Samarinda Kaltim – Peluang lapangan pekerjaan sangat terbuka di Kaltim. Banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pekerja andal sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Bahkan dari daftar lowongan yang ada, masih sangat kekurangan para pencari kerja.

Hal ini terlihat saat penyelenggaraan Job Market Fair 2012  yang diselenggarakn oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim kemarin yang dibuka oleh Gubernur Awang Faroek.  Kegiatan ini bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Kaltim guna membantu penyerapan tenaga kerja lokal.

Dari daftar yang dimiliki Disnakertrans, sedikitnya ada 102 perusahaan  yang membutuhkan tenaga kerja sebanyak 3.344 orang dengan posisi 632 jabatan.

Kepala Disnakertrans Kaltim,  Ichwansyah yang ditemui usai pembukaan  mengatakan, penyelenggaran bursa kerja seperti ini diharapkan bisa mendorong percepatan pengurangan angka pengangguran bagi warga Kaltim. Hal ini juga sudah dilakukan tahun lalu.

Diterangkannya, tahun lalu mampu menyediakan 637 lapangan kerja dari berbagai perusahaan yang beroperasi di Kaltim. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.100 pencari kerja turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut untuk bersaing mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Ichwansyah menyayangkan,  masih banyak tenaga kerja lokal yang kalah bersaing dengan pendatang dari daerah lain, utamanya dari Pulau Jawa. Diperkirakan hanya sekitar 20 persen dari tenaga kerja lokal yang mampu terserap dalam satu perusahaan. Sisanya dari luar Kalimantan seperti Jawa, Sulawesi, Sumatera

Ichwansyah mengatakan dan berharap setiap kabupaten/kota bisa menyelenggarakan pelatihan bagi warganya yang telah lulus sekolah, agar  tenaga kerja lokal memiliki keterampilan yang layak dalam dunia kerja.

“Jika biasanya kita hanya membuka Balai Latihan Kerja (BLK) untuk lulusan SMA dan SMK, namun sekarang kita  memcoba bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk mengadakan juga BLK. Tahun ini sudah bisa kita mulai. Kita coba dengan 50 orang dulu karena anggaran terbatas, tapi kedepannya kita jadikan 1.000 orang,” jelasnya.

Sementara Gubernur Awang Faroek mengatakan, tercatat 2011, jumlah pengangguran di Kaltim sebesar 9,84 persen. Sementara, jumlah penduduk miskin di Kaltim tercatat sebesar 6,77 persen dari total populasi di daerah ini.

Menurutnya, Kaltim mengalami perlambatan penurunan angka pengangguran disebabkan oleh banyaknya pendatang yang masuk untuk mencari pekerjaan. Akibatnya jumlah penduduk miskin yang berkurang cepat, tidak dibarengi dengan penurunan angka pengangguran yang cepat pula.

Karena itu, menurutnya, salah satu strategi yang dilakukan oleh Pemprov Kaltim dalam hal ini Disnakertrans melakukan penyesuaian dengan kebutuhan pasar.

“Apabila tenaga kerja lokal memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, tentu akan diserap oleh lapangan kerja yang ada. Tinggal bagaimana SDM nya meningkatkan kapasitas agar mampu bersaing dengan yang lain,” ujar Gubernur.

Dalam Job Market Fair 2012 ini, akan dibuka hingga 7 Mei mendatang. Karena masih banyak tenaga kerja yang dibutuhkan, maka pendaftaran untuk lowongan pekerjaan masih dibuka. Artinya masih ada kesempatan bagi pencari kerja di Kaltim untuk mendapatkan pekerjaan. Ref:rm-4/agi/sapos

Share
Share