Info Jambi Job Fair 2011

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Provinsi Jambi dan Tetra Communication, menggelar Jambi Job Fair atau bursa kerja di Jambi Town Square (Jamtos), Jambi. Dalam kegiatan ini, sebanyak 35 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang menawarkan sedikitnya 1.500 lowongan pekerjaan. Bagi pencari kerja bisa datang dengan membawa lamaran langsung ke lokasi acara. Bawa serta kelengkapan administrasi, seperti melamar pekerjaan biasanya, foto kopi ijazah, KTP, surat kelakuan baik, dan sebagainya.

Sebagai gambaran peluang pekerjaan yang ditawarkan, para pencari kerja bisa melihat daftar lowongan-lowongan kerja tersebut di Harian Pagi Jambi Independent edisi hari ini. Dengan begitu, saat datang ke arena job fair besok sudah tahu pilihan pekerjaan yang akan dilamar.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jambi A Shomad mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mendorong percepatan projob yang menyediakan lapangan pekerjaan. Sebanyak 35 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang diajak bekerja sama untuk mengekspos kebutuhan karyawan mereka.

“Ada 35 perusahaan bergerak di bidang finance, oil, otomotif dan sebagainya. Sekitar 1.500 lowongan tersedia. Diharapkan 50 persen terisi dengan program Jambi Job Fair 2011 ini,” ujar Shomad.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah memecahkan masalah pengangguran yang terus bertambah di Provinsi Jambi. Karena, saat ini angka pengangguran di Provinsi Jambi hampir mencapai 60 ribu orang. Dengan Jambi Job Fair ini, masyarakat bisa aktif memanfaatkan peluang kesempatan kerja yang sesuai dengan kualifikasi mereka.

“Angka pengangguran kita 58.000 lebih, memecahkan masalah ini tidak bisa dengan saling menyalahkan. Harus ada langkah nyata,” katanya. Karena, pada kenyataannya, banyak lowongan yang tersedia di perusahaan-perusahaan tersebut, mulai dari satpam hingga pimpinan cabang.

Menurut Shomad, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi dengan Kamar Dagang dan Industri Provinsi Jambi, serta dilaksanakan oleh Tetra Communication. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 27 hingga 29 Juli 2011. “Acara di ground floor Jamtos, mulai pukul 10.00 sampai 17.00,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut juga disediakan sebuah ruangan untuk wawancara calon karyawan. Selain itu, kegiatan akan ditunjang dengan penyelenggaraan workshop tentang kiat manajemen dalam peningkatan performa karyawan. “Ini bisa diikuti oleh umum. Sasarannya adalah para pimpinan cabang, ataupun posisi yang memiliki bawahan,” jelasnya.

Acara yang baru pertama kali diselenggarakan dan diagendakan akan terlaksana tiap tahun juga serta merta menjawab tantangan untuk memcahkan masalah pengangguran.

Jambi Job Fair 2011 ini akan dibuka langsung oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, sekaligus akan menandatangai sebuah kesepakatan bersama. Kadin akan menandatangani sebuah MOU bekerja sama dengan Dinsosnakertrans Provinsi Jambi serta Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. “MoU tersebut untuk menyamakan persepsi terhadap tenaga berpendidikan untuk memasuki dunia kerja,” ujar Shomad. (enn). Ref : jambi independent

Share
Share