Info Job Fair BP2TKI Jakarta 20 – 22 Juli 2011

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Untuk mewujudkan penurunan jumlah pengangguran sebanyak 1 persen setiap tahunnya, berbagai upaya terus dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta. Salah satunya dengan menggelar job fair yang kali ini diselenggarakan di Kantor Balai Pelayanan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (BP2TKI) Disnakertrans DKI Jakarta di Jl Raya Bogor, Jakarta Timur. Job fair berlangsung selama tiga hari, mulai Rabu (20/7) hingga Jumat (22/7). Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 5.000 lowongan kerja di luar negeri disediakan bagi para pencari kerja.

Kepala Disnakertrans DKI Jakarta, Deded Sukandar mengatakan, pihaknya terus berupaya menyelenggarakan kegiatan bursa tenaga kerja yang melibatkan unit kerja perangkat daerah (UKPD) di bawah Disnakertrans DKI Jakarta. “Job Fair ini diadakan khusus untuk menjaring tenaga kerja asal Jakarta yang akan disalurkan ke luar negeri,” ujar Deded, usai membuka kegiatan ini di gedung BP2TKI Disnakertrans DKI Jakarta, Rabu (20/7).

Dirinya berharap, para pencari kerja yang mendatangi job fair ini mampu memenuhi kualifikasi maupun syarat yang ditetapkan perusahaan-perusahaan yang menjadi instansi penyalur kerja resmi. Sekitar 5.000 lowongan kerja yang berasal dari Malaysia, Singapura, Qatar, Kanada, Amerika Serikat, Taiwan, serta negara-negara di Eropa dan Timur Tengah disediakan dalam bursa tenaga kerja ini.

Kepala BP2TKI Disnakertrans DKI Jakarta, Saut Tambunan mengungkapkan, kegiatan ini spesifik untuk memfasilitasi pencari kerja dengan pemberi kerja sehingga kedua belah pihak dapat berinteraksi mendapatkan informasi dan pemenuhan lowongan kerja yang tersedia. Adapun tujuan kegiatan ini, untuk menempatkan tenaga kerja asal Indonesia di negara-negara yang membutuhkan tenaga kerja formal, profesional, dan memiliki keahlian.

Dijelaskan Saut, ada sebanyak 50 perusahaan pelaksana penempatan tenaga kerja swasta (PPTKS) yang mengikuti kegiatan ini. Secara umum, mereka mencari tenaga kerja formal lulusan SMA hingga perguruan tinggi. “Negara tujuan yang paling diminai para pencari kerja di antaranya adalah Qatar. Selain, memiliki undang-undang ketenagakerjaan yang sangat melindungi tenaga kerja dari luar Qatar, ternyata gaji tenaga kerja di negara ini cukup besar. Setiap tahunnya, Qatar menawarkan 5 ribu lowongan kerja kepada BP2TKI Disnakertrans DKI. Adapun jenis pekerjaan yang ditawarkan antara lain di bidang konstruksi, minyak dan gas serta pariwisata,” ungkap Saut.

PT Balanta Budi Prima, salah satu perusahaan PTKS yang ikut dalam kegiatan ini menawarkan sedikitnya 1.000 lowongan kerja di Kanada, Qatar, Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Taiwan dan lain sebagainya. “Setiap tahun kami mendapatkan order dari negara-negara itu untuk mencari tenaga kerja asal Jakarta sebanyak 1.200 orang. Namun kami hanya mampu mengirimkan 1.000 tenaga kerja,” ujar Andi Siahaan, salah seorang staf PT Balanta Budi Prima.

Dalam job fair kali ini, para perusahaan PTKS menawarkan sejumlah pekerjaan nyang bergerak dibidang konstruksi, perhotelan, restoran, industri, teknologi, arsitektur, kedokteran, farmasi, pekerja sosial dan lain sebagainya. “Tentunya, para pencari kerja harus memenuhi persyaratan dan kualifikasi yang ditentukan seperti, minimal mampu berbahasa Inggris,” kata Andi. Ref : beritajakarta

Share
Share