• Home »
  • Bursa Kerja »
  • Info Job Fair Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industi (PPKPI) Tamini Square Jakarta

Info Job Fair Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industi (PPKPI) Tamini Square Jakarta

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Bursa Kerja Desember 2012 – Disnakertrans DKI melalui Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industi (PPKPI) akan menyelenggarakan Job Fair atau Pameran Bursa Kerja 2012 di Tamini Square, Jakarta Timur.

Job Fair tersebut akan digelar selama tiga hari, mulai dari 11 hingga 13 Desember 3012. Bagi warga Jakarta yang sedang mencari pekerjaan diharapkan dapat datang ke Job Fair 2012 ini dengan membawa daftar riwayat hidup dan berkas lamaran lainnya.

Kepala PPKPI Disnakertrans DKI Kartini menerangkan, PPKPI merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di bidang pelatihan tenaga kerja kejuruan industri, tata niaga, dan aneka kejuruan.

“Kami bertugas melaksanakan pelatihan tenaga kerja di bidang industri, tata niaga dan aneka kejuruan. Fungsi PPKPI antara lain adalah Pelaksanaan pelatihan tenaga kerja dan uji kompetensi di bidang industri, tata niaga dan aneka kejuruan,” kata Kartini, hari ini.

Dalam Job Fair tersebut, lanjutnya, akan ada ribuan lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan multinasional di sekitar Jabodetabek dengan berbagai bidang seperti bagian pekerjaan. Antara lain bidang produksi, teknik, IT, marketing, administrasi, finance, HRD, dan berbagai bidang pekerjaan lainnya.

Dia mengharapkan, lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) DKI Jakarta yang ada di lima wilayah dapat mengikuti Job Fair tersebut, begitu juga dengan para pelajar lulusan PPKPI. Diharapkan calon pencari kerja tersebut mampu mengisi lowongan yang tersedia.

“PPKPI setiap tahunnya menerima siswa untuk dilatih keahlihannya dalam berbagai jurusan keterampilan. Seperti teknologi mekanik, otomotif, teknik pendingin atau AC, elektronika, bangunan atau konstruksi, tata niaga, aneka kejuruan dan bahasa Inggris,” ujarnya.

Kartini menegaskan Pemprov DKI terus berupaya mengurangi angka pengangguran, salah satunya dengan cara menggelar Job Fair setiap tahunnya. Dengan melaksanakan Job Fair secara kontinyu, masyarakat pencari kerja lebih mudah mendapatkan akses lowongan kerja sesuai dengan keahlian atau skill yang dimilikinya.

Kepala Disnakertrans DKI Deded Sukendar mengatakan bursa kerja ini merupakan salah satu upaya dalam rangka mengatasi jumlah pengangguran di ibukota. “ Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya mengurangi angka pengangguran di Jakarta,” paparnya.

Berdasarkan hasil survei angkatan kerja Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta per Februari 2012, jumlah angkatan kerja sebesar 5,28 juta orang. Angka ini bertambah 273.400 orang dibanding jumlah angkatan kerja tahun sebelumnya sebesar 5,01 juta.

Sementara itu, jumlah penduduk yang bekerja di DKI Jakarta pada februari 2012 sebesar 4,72 juta orang. Jumlah ini bertambah sebanyak 249.590 orang jika dibanding dengan keadaan Februari 2011 sebesar 4,47 juta orang.

Saat ini, angka pengangguran terbuka di DKI Jakarta sebesar 10,72 persen, mengalami sedikit penurunan 0,11 persen.Secara absolut jumlah pencari kerja memgalami peningkatan sebesar 23.800 orang.

Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyambut baik pelaksanaan pameran bursa kerja. Sebab pameran tersebut akan mempertemukan pengusaha dan pencari kerja secara langsung.

Menurutnya, pameran bursa kerja harus lebih sering dilakukan, sehingga para pencari kerja dapat secara leluasa dan bebas menentukan pilihan kerja yang diminati sesuai dengan keahliannya. “Dari pada melalui iklan di Koran, akan lebih efektif melalui Job Fair dan akan sangat efektif jika dapat dilakukan sekali dua bulan,” katanya. Ref:beritasatu

Share
Share