Info Job Market Fair Lumajang 2011

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Ribuan pengangguran di Kabupaten Lumajang, Kamis (7/7/2011) pagi sampai petang, terus memadati Gedung Dr Soedjono Lumajang. Di sana, mereka turut berkompetisi untuk memperebutkan peluang lowongan kerja yang disediakan Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lumajang dalam pelaksanaan Job Market Fair (JMF) atau Bursa Pasar Kerja Tahun 2011

Bursa kerja yang diikuti 30 perusahaan, baik asal Kabupaten Lumajang dan perusahaan dari berbagai Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur ini, menurut Kepala Disnakertrans Kabupaten Lumajang Ismail, SH, diselenggarakan selama sehari dengan menyediakan peluang sebanyak 1819 lebih lowongan.

“Peluang kerja yang ditawarkan, terdiri dari 8 sektor bidang pekerjaan berbeda. Baik industri, perdagangan dan jasa, perhotelan, pariwisata, perbankan dan lainnya,” papar Ismail, SH kepada DIDI reporter Sentral FM Lumajang.

Dengan banyaknya peluang yang ditawarkan, otomatis sejak pagi, ribuan peminat telah berdatangan. Sampai akhir pelaksanaan Job Market Fair sekitar pukul 17.00, diprediksi ribuan peminat akan terus berdatangan untuk memanfaatkan peluang ini. Bahkan, perkiraan pihak Disnakertrans jumlah peminat akan menembus angka 3 ribu sampai 4 ribu peminat.

Di lokasi, para peminat juga langsung melakukan walk in interview dengan perusahaan yang diminati sesuai bidangnya. Peminat Bursa Pasar Kerja ini, dinilai juga cukup banyak dengan dibuktikan banyaknya peminat yang berdatangan.

”Apalagi, penawaran posisi yang ditawarkan menurut kami juga cukup menarik. Diantaranya di BRI Lumajang, sejumlah BPR (Bank Perkreditan Rakyat), sejumlah perusahaan leasing, industri, kebutuhan staf di lembaga pendidikan dan sejumlah posisi pekerjaan lainnya,” kata Ismail, SH.

Sementara itu, Drs H As’at Malik, Mag Wakil Bupati Lumajang yang berkesempatan membuka secara resmi Job Market Fair atau Bursa Tenaga Kerja ini, berharap jumlah pengangguran di Kota Pisang bisa dikurangi.

Wakil Bupati Lumajang yang hadir bersama Kepala Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Pemkab Lumajang menyampaikan, JMF digelar dengan tujuan menyampaikan informasi tentang peluang kerja, memfasilitasi bertemunya pencari kerja dengan pengguna kerja dan juga sebagai tempat transaksi antara pencari kerja dan pengguna kerja.

“Sejauh ini, jumlah pengangguran di Kabupaten Lumajang sebanyak 19.067 orang, yang didominasi lulusan SMA. Tahun 2011 ini, pencari kerja yang terdaftar sebanyak 2000 orang, sedangkan perusahaan yang ikut dalam acara JMF berjumlah 30 perusahaan dengan 1.819 lowongan yang terdiri dari: sektor industri, sektor perdagangan, sektor perbankan, sektor jasa kesehatan, sektor jasa pendidikan dan sektor perhotelan Diharapkan, peluang ini bisa dimanfaatkan sebauik-baiknya untuk menyerap tenaga kerja,” beber As’at Malik.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Lumajang juga menjelaskan, Kabupaten Lumajang kaya dengan potensi yang harus dikembangkan. “Cuma kita masih belum bisa untuk melihat pangsa pasar yang terjadi sekarang ini. Khususnya, bagi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) disini bukan mencari kerja. Tetapi, mencari kesempatan berwirausaha. Dan, hal ini sesuai dengan bidang ilmu yang diperoleh pada waktu pendidikan,” jlentrehnya.

Pejabat pelaksana tugas harian Bupati Lumajang ini juga megutip pepatah, bahwa orang mandapatkan kesempatan baik, belum tentu dia beruntung untuk itu pergunakan kesempatan yang baik ini.

“Diharapkan kepada seluruh pencari kerja yang akan ikut berkompetisi mencari peluang dalam Busa Pasar Kerja hari ini, tirulah seperti burung, bangun pagi mencari cacing. Dengan kata lain, carilah kerja serajin mungkin dan jangan malas, dengan kegigihan ini pasti Allah akan membantu,” demikian pungkas Drs H As’at Malik.(her/ipg)-suara surabaya

Share
Share