Info Metropolis Town Square Job Fair Kota Tangerang Tahun 201

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Pemerintah Kota Tangerang punya cara jitu untuk menekan angka pengangguran. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Tangerang membuka lowongan kerja dengan menggandeng 40 perusahaan dalam dan luar negeri melalui Job Fair yang digelar di Metropolis Town Square pada 14-16 Juni 2011.

Dalam acara itu dibuka sebanyak 29.517 lowongan pekerjaan. Dari jumlah itu terbagi 4.717 lowongan untuk perusahaan lokal dan 24.800 lowongan untuk pekerjaan di luar negeri.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kota Tangerang, Abduh Surahman, mengatakan setiap bulan rata-rata jumlah pencari kerja yang mendaftar ke Dinas Tenaga Kerja mencapai 6.000 orang. Bahkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2010 angka pengangguran mencapai 90.000 orang. Mereka yang datang dari berbagai daerah itu kemudian mencari kerja di Kota Tangerang.

“Rata-rata pencari kerja lulusan sekolah dasar hingga sarjana strata dua. Pada pertengahan tahun jumlahnya meningkat,” kata Abduh.

Abduh mengatakan lowongan kerja itu dibuka setiap tahun. Karena kebutuhan lapangan kerja cukup besar, pihaknya berupaya mengadakan pameran setiap tahun. Tahun ini saja Korea Selatan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 8.300 orang dan Malaysia sebanyak 16.500 orang.

Abduh menyatakan Korea Selatan dan Malaysia membutuhkan tenaga kerja untuk pabrik. “Tampaknya kedua negara itu sedang mengalami peningkatan industri yang pesat sehingga butuh tenaga kerja dari Indonesia. Ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” kata dia.

Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Syarif Hidayat mengatakan berdasarkan data Disnakertrans, sebagian besar pencari kerja adalah lulusan setingkat SMA. Pihaknya menganjurkan  pelajar yang tidak ingin melanjutkan kuliah memilih sekolah kejuruan karena setelah lulus lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Pameran ini, kata dia, dapat mengurangi 50 persen angka pengangguran.

Disnakertrans sendiri membuka Balai Latihan Kerja (BLK) untuk meningkatkan keterampilan masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Para siswa BLK dididik selama tiga bulan tanpa dipungut biaya. Ketrampilan yang diajarkan di antaranya menjahit dan otomotif. AYU CIPTA – tempo interaktif

Share
Share