Informasi Riau Job Fair 2011

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Riau Job Fair 2011 menjadi moment penting bagi pencari kerja yang selama ini masih kesulitan mendapatkan akses lowongan kerja pada perusahaan yang diminati. Dimulai Selasa (12/7) ini sedikitnya 54 perusahaan telah memastikan ambil bagian dalam event ini.

Diprediksi belasan ribu pencarai kerja akan meramaikan agenda tahunan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau yang diselenggarakan di lantai dasar Hotel Furaya, Pekanbaru hingga besok.

Estimasi ini mengingat jumlah perusahaan yang menjadi peserta Riau Job Fair meningkat tajam dibanding gelaran serupa dua tahun lalu.

Panitia Pelaksana Riau Job Fair 2011, Robert, meski mengaku kewalahan memfasilitasi tingginya keinginan perusahaan untuk menjadi peserta namun menyambut positif antusiasme tersebut. Menurutnya itu sebuah sinyal positif bagi masyarakat Riau, khusunya pencari kerja guna mendapatkan pekerjaan yang layak dengan berbagai pilihan.

“Jumlah perusahaan yang mendaftar sebagai peserta terus bertambah. Saat ini sudah 54 perusahaan yang dipastikan ikut dengan perkiraan 1.500 lowongan pekerjaan. Namun kemungkinan perusahaan peserta akan diakomodir hingga mencapai 60-an. Sementara tahun 2009 lalu hanya diikuti 38 perusahaan,” ujarnya, Senin (11/7).

Robert mengatakan, dengan penambahan jumlah perusahaan yang terlibat dalam Riau Job Fair 2011 diharapkan akan semakin membuka peluang pencari kerja guna mendapatkan perusahaan sesuai dengan spesifikasi pendidikan dan keterampilan. Tentu saja kondisi tersebut akan memberikan ruang bagi pencari kerja menyesuaikan kemampuan.

Ditambahkan Robert, setidaknya ada sekitar 600 lowongan dari perusahaan multi nasional  yang terbuka lebar bagi pencari kerja. Jumlah tersebut belum termasuk dari kebutuhan riil perusahaan dan kemungkinan jumlahnya bisa bertambah.

“Hanya dengan mengisi formulir yang ada di Harian Tribun Pekanbaru, pencari kerja bisa langsung berinteraksi dengan perusahaan. Puluhan perusahaan siap menampung jika sesuai dengan kalasifikasi pendidikan serta kebutuhan. Pencari kerja tidak akan dibebankan persyaratan lain sampai nantinya melakukan sesi wawancara dengan perusahaan, ” ungkapnya.

Untuk memberikan motivasi serta memudahkan bagi pencari kerja memilih dan menyesuaikan jenis pekerjaan, dalam gelaran Riau Job Fair 2011 nantinya juga akan ditaja seminar.  Seminar  tersebut dilaksanakan selama gelaran dengan menghadirkan pembicara mumpuni dibidangnya.

Tidak hanya itu, bagi pemilik KTP di luar Riau, panitia tetap memberikan kesempatan mengisi formulir Riau Job Fair 2011. Kebijakan tersebut diambil untuk mengakomodir hak pencari kerja. “Kita tentunya tidak punya alasan melarang pencari kerja yang memiliki KTP non Riau untuk mengisi formulir. Kebutuhan pekerjaan hak semua orang. Namun pastinya dengan lowongan yang dibuka, sangat banyak kesempatan. ” ujar Robert.

Salah seorang pencari kerja, Zulkadri mengungkapkan antusiasmenya terkait pelaksanaa bursa tenaga kerja tersebut. Menurut alumni MAN I Pekanbaru  ini, dengan semakin banyaknya perusahaan yang menjadi peserta maka akan semakin terbuka peluang mendapatkan pekerjaan.  Apalagi ribuan lowongan siap diperebutkan.

Menurutnya, spesifikasi pendidikan yang dibutuhkan perusahan juga sagat beragam. Terang kenyataan tersebut akan semakin memudahkan bagi jebolan setingkat SLTA mendapatkan pekerjaan yang layak. Tidak hanya itu, menurut Zul yang kini berstatus mahasiswa UIR, pencari kerja juga bisa menyesuaikan dengan keterampilan yang dimiliki.

“Tentu saja kegiatan ini sangat positif. Bahkan saya yang nantinya mencoba peruntungan akan semakin optimis lewat ribuan lowongan yang dibuka. Saya yakin dengan puluhan perusahaan sebagai peserta membutuhkan tenaga kerja yang beragam pula, ” ungkapnya.

Zulkadri  berharap kegiatan Riau Job Fair bisa dilaksanakan setiap tahunnnya. Selain akan mengurangi pengangguran, kegiatan yang menjembatani masyarakat dengan pekerjaaan, akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Provinsi Riau Raja Lukman mengungkapkan, melalui Riau Job Fair  2011 dua pihak yang saling berkaitan -perusahaan dan pencari kerja- bisa saling melakukan pendekatan serta penilaian.

Disatu sisi pencari kerja bisa mengukur batas keterampilan serta pendidikan dengan perusahaan yanga akan dimasuki. Demikian juga dengan perusahaan yang nantinya bisa mencari karyawan sesuai dengan spesifikasi pendidikan. Menurutnya, bagi pencari kerja Riau Job Fair 2011 akan menjadi motivasi untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak. Selain  nantinya juga bisa mempelajari teknik  membuat lamaran yang disesuaikan dnegan perusahaan yang akan dimasuki.

“Bagi perusahaaan Riau Job Fair 2011 tentu saja memberikan keutungan lebih. Selain bisa menilai dan mendapatkan langsung kriteria karyawan yang akan direkrut, juga bisa menampilkan profil perusahaannya. Perusahaan juga akan semakin dimudahkan berinteraksi langsung dengan pencari kerja melalui komunikasi awal, ” ungkap Lukman.

Sedangkan bagi pemerintah daerah, tentu saja Riau Job Fair  2011 sebagai evaluasi tenaga kerja di Riau selain nantinya akan menjadi pertimbangan untuk meningkatkan peluang kerja yang disesuaikan dengan pekerjaan yang lebih diminati. Melalui evaluasi tersebut, pemerintah daerah ke depannya bisa mengembangkan bentuk pelatihan. (brt)-tribunnews

Share
Share