Animo Masyarakat Mendaftar CPNS Masih Tinggi

WhatsAppShare

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Lowongan CPNS 2013 – Keinginan masyarakat Indonesia untuk menjadi CPNS ternyata masih tinggi. Masyarakat menginginkan kehidupan yang terjamin di hari tua bila nantinya jadi PNS.

“Saya mau ikut coba tes CPNS di Pemprov DKI dulu karena hidup sudah terjamin kepastian dalam bulanannya, mengabdi kepada negara, di hari tuanya juga sudah tenang,” ujar Andrea (26) karyawan swasta, Rabu, (4/9/2013) di Jakarta.

Hal senada juga diungkapkan oleh Erlin (23) dan Rifqi (23), mahasiswa yang baru saja lulus dari Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. Mereka ingin mengikuti tes CPNS karena ingin mengabdi kepada negara sebagai warga negara yang baik dan terjamin di hari tuanya.

“Karena sedang ada lowongan CPNS, makanya ikut yang sesuai dengan jurusan yang saya ambil tentunya,” ujar Rifqi.

Persiapan yang mereka lakukan adalah melengkapi kelengkapan administrasi yang dibutuhkan untuk mengikuti tes CPNS, seperti surat keterangan kelakukan baik, surat kuning, dan persiapan materi yang nantinya akan diujikan pada saat tes CPNS.

Tahun ini, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan alokasi sebanyak 1.515 orang untuk menerima CPNS. Usulan formasi yang disampaikan ke Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah disetujui, yakni 20 persen untuk tenaga pendidikan, khususnya guru kelas SD, 35 persen untuk tenaga kesehatan (dokter, bidan, perawat, tenaga medis), dan 45 persen dari rumpun teknis dan administrasi.

Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, syarat umum untuk bisa mengikuti CPNS ini ialah memiliki KTP, TOEFL minimal 400, IPK 2,6 untuk S-1, dan untuk SMK nilai rata-rata rapor 7. Untuk usia, lulusan S-1 maksimal 33 tahun minimum 18 tahun, D-3 maksimal 30 tahun minimal 18 tahun, dan SMK maksimal 25 tahun minimal 18 tahun.

Untuk dapat mengikuti tes CPNS, pelamar dapat mendaftar melalui online maupun PO BOX. Mendaftar melalui jalur online dapat dilakukan di laman rekrutmen.jakarta.go.id mulai Rabu (4/9/2013) pukul 12.00.

WhatsAppShare
Share