Awas Joki Tes CPNS Pemkab Bogor 2010

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Menjelang ujian tertulis penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKKP) menjamin soal ujian tidak bocor. Namun, BKPP akan mengumpulkan semua pengawas untuk mengantisipasi adanya joki pada saat ujian berlangsung di Kampus IPB Dramaga, 5 Desember mendatang.

Kepala BKPP Kabupaten Bogor Adang Suptandar mengatakan, soal ujian yang disusun tim akademisi Universitas Padjajaran Bandung ini baru akan datang pada saat pelaksanaan ujian. Sehingga, keamanan dan kerahasiaan soal ujian dipastikan tidak akan bocor. “Dari Bandung soal langsung dikirim ke tempat test dengan pengawalan khusus. Jadi tidak ada peluang mengendap di BKPP dan terjadi kebocoran,” kata Adang kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Adang juga mengatakan, sebelum pelaksanaan ujian, ribuan pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor akan dikumpulkan dan diberi pengarahan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya joki pada saat ujian berlangsung. “Nanti pengawas harus mencocokkan peserta sesuai dengan fotonya yang tertempel di kartu tanda peserta ujian,” tandasnya.

Dikatakan dia, jumlah peserta ujian tertulis sementara sebanyak 12.058 orang. Mereka merupakan pelamar CPNS yang lolos seleksi administrasi. Pasalnya, ada sekitar 15.302 berkas lamaran tertuju untuk Bupati Bogor Rachmat Yasin yang masuk ke BKPP Kabupaten Bogor. “Dari hasil seleksi ada sekitar 3.089 pelamar yang tidak memenuhi syarat, 23 pelamar ganda. Sedangkan BKPP sudah mengirimkan amplop balasan kepada pelamar sebanyak 10.613 orang,” papar Adang.

Sementara itu, Kepala Bidang Formasi Pegawai pada BKPP Kabupaten Bogor Tjetjep Ridwan menambahkan, peserta ujian nantinya akan mengikuti test kemampuan dasar diantaranya test pengetahuan umum, test bakat skolastik dan test skala kematangan di Kampus IPB Kecamatan Dramaga pada 5 Desember nanti. “Nanti ujian akan dimulai sekitar pukul 08:00 wib. Sebagian ruang kuliah fakultas di IPB akan digunakan. Tahun lalu saja kami gunakan 120 ruang kelas,” pungkasnya. ref : jurnal bogor

Share
Share