CPNS 2014 Akan Terbuka Untuk Semua Jurusan

WhatsAppShare

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

CPNS 2014 - Kabar menggembirakan buat Anda yang selama ini menggerutu karena jurusan kuliahnya tidak termasuk yang dibutuhkan dalam penerimaan CPNS. Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) terus membenahi sistem rekrutmen CPNS baru. Diantara yang sedang digodok adalah, membuat rekrutmen abdi negara itu lebih fleskibel. Caranya dengan membuka formasi lowongan tertentu untuk direbutkan pelamar dari berbagai jurusan kuliah.

Selama ini pelaksanaan tes CPNS, khususnya pengisian formasi terkesan sangat kaku. Untuk formasi tertentu, hanya boleh diisi oleh pelamar dengan gelar ijazah sarjana yang sama. Deputi SDM Aparatur Kemen PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja menuturkan, sistem rekrutmen CPNS yang selama ini kaku, menimbulkan sejumlah masalah.

“Diantaranya adalah, banyak sarjana yang sejatinya layak menjadi CPNS tetapi tidak bisa memasukkan lowongan. Sebab formasi sesuai dengan jenis ilmu ijazahnya tidak sesuai,” ujarnya di Jakarta kemarin. Selama ini banyak kritik masuk ke Kemen PAN-RB dari sarjana jurusan yang jarang ada formasi CPNS-nya. Setiawan mengatakan sampai saat ini aturan membuka lowongan formasi CPNS untuk dilamar sarjana dari berbagai jurusan itu masih dibahas. Jika pembahasan lancar, sistem baru ini bisa dipakai dalam seleksi CPNS 2014 ini.

Meskipun belum ada ketetapan bakunya, Setiawan mengatakan bahwa prosi formasi lowongan CPNS yang boleh dilamar sarjana berbagai jurusan itu sekitar 5 % saja. “Perhitungan persentase itu di masing-masing instansi,” jelas dia. Setiawan yakin melalui sistem baru ini, bibit-bitit unggul abdi negara yang selama ini tidak dapat mendaftar CPNS bisa ikut bertarung. Selain urusan kuota, formasi CPNS yang boleh diisi sarjana berbagai jurusan diambil yang tidak terlalu teknis dan membutuhkan skil khusus. Setiawan menuturkan sampai saat ini belum ada gambaran jenis formasi apa saja yang akan dibuka untuk pelamar dari berbagai jurusan kuliah.

Sementara itu Setiawan juga mengatakan jumlah formasi seleksi CPNS tahun ini bakal bertambah besar. Sebab Kemen PAN-RB akan meluncurkan formasi yang tidak terisi dalam seleksi CPNS 2013 lalu. Luncuran formasi ini akan kembali di bagi-bagikan kepada insatnsi asalnya. “Misalnya formasi pemkab A tidak terisi 20 kursi, maka kursi yang tidak terisi itu langsung dimasukkan ke jatah formasi CPNS tahun ini,” paparnya.

Laporan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan bahwa dari seluruh formasi tes CPNS 2013 yang berjumlah sekitar 65 ribu, hanya terisi 58.796 kursi. Sehingga masih ada sisa formasi sekitar 6.200-an dalam tes CPNS 2013 yang tidak terisi. “Alasannya banyak, misalkan memang formasi itu tidak ada pelamarnya,” jelas Kepala BKN Eko Sutrisno

Persiapkan diri Anda sejak dini dengan belajar Soal Soal CPNS dengan sistem CAT yang sudah meluluskan banyak CPNS baru : Silakan menuju laman : http://ujian.latihansoal.com

WhatsAppShare
Share