CPNS Surabaya 2012 : Kabar Terbaru Juli 2012

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Kabar Penerimaan CPNS Surabaya 2012 – Pemkot Surabaya mendapatkan jatah kuota rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2012 ini. Berdasarkan surat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Pemkot pada tahun ini telah mengajukan usulan ke pemerintah pusat untuk bisa merekrut pegawai baru sebanyak 700 kuota CPNS. Tapi, pusat hanya menyetujui 309 CPNS.

“Ini sesuai surat keputusan dari Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN),” kata Yayuk Eko Agustin, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya, Kamis (19/7). Dari jumlah 309 itu, tidak ada rekrutmen CPNS untuk staf atau pegawai adminstrasi, tapi semuanya hanya untuk formasi perawat, dokter, dan guru. “Selama ini, Pemkot memang masih kekurangan tenaga guru, perawat, dan dokter. Dari jumlah 309 ini, untuk formasi guru ada 263, dokter 8, perawat 25 dan bidan sebanyak 13 orang,” tegas Yayuk Eko Agustin.

Yayuk menambahkan, khusus untuk dokter, dalam pengajuannya harus disertakan dia akan ditempatkan di daerah mana. Berdasarkan kebutuhan Pemkot CPNS dari dokter nantinya akan ditempatkan di Sememi, Balongsari, Lidah, Morokrembangan, dan Bangkingan.

Awalnya, dengan pengajuan 700 kuota, plot terbanyak adalah untuk guru pendidikan sebanyak 526, tenaga kesehatan 98 dan teknis lainnya sebanyak 76 orang. Sementara tenaga teknis lainnya, nantinya ditetapkan sbagai penyuluh, juru jalan jembatan, petugas pemantau penerangan jalan, penjaga rumah pompa dan sebagainya.

Terkait kapan pelaksanaan rekrutmen CPNS, Yayuk menyebut kemungkinan September atau Oktober nanti. Rencananya, Kamis (19/7) hari ini Pemkot akan ke Jakarta untuk menanyakan petunjuk teknis terkait pelaksanaan perekrutan PNS baru itu. “Yang saya tahu, nantinya yang menangani naskah ujian ada 10 konsorsium Perguruan Tinggi se-Indonesia,” tegas dia.

Pemkot Surabaya sejatinya beruntung. Dengan kebijakan moratorium yang diterapkan pemerintah pusat beberapa waktu lalu, mestinya tidak boleh ada rekrutmen CPNS. Namun Kota Surabaya mendapat perlakuan beda karena menjadi kota satu-satunya yang disetujui oleh pusat untuk penambahan jumlah PNS di wilayah Jatim. Sedangkan di pulau Jawa, selain Surabaya, ada Bandung dan Bogor yang diizinkan menambah PNS baru.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Edi Budi Prabowo mengatakan, dalam kaitan jatah kuota CPNS itu yang penting bukan hanya sekadar pemenuhan kebutuhan guru, dokter dan tenaga teknis lain. Tapi, seharusnya lebih mengedepankan kualitas tenaga kerjanya.

Selama ini kualitas pendidik di Surabaya masih belum bagus, bahkan kualitasnya cenderung menurun. Indikasi menurunnya kualitas tenaga pendidik di Surabaya bisa dilihat nilai Ujian Nasional (UN) SD, SMP, SMA dan SMK se-Surabaya. Sebab, hasil UN siswa Surabaya masih lebih rendah dari siswa lain dari luar Surabaya. Selain itu, manajemen pengelolaan pendidikan di Surabaya masih perlu dibenahi lagi. Pasalnya, masih sering diprotes warga kota. Di antaranya terkait dengan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)-nya.

Di sisi lain yang menyedihkan, katanya, anggaran pendidikan di Surabaya sebesar 32% dari total APBD Surabaya Rp 5,2 triliun, sementara pelaksanaan pembangunan di dunia pendidikan masih memperihatinkan. Salah satu indikasinya banyak sekolah rusak belum tersentuh perbaikan.pur

JATAH REKRUTMEN CPNS OKTOBER 2012

Formasi CPNS Surabaya :

  1. Guru : 263
  2. Dokter : 8
  3. Perawat : 25
  4. Bidan : 13
  5. Total : 306

Ref: Surabaya Post

Share
Share