Formasi CPNS Masih Kosong Sebanyak 6.204

WhatsAppShare

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Formasi CPNS Kosong – Dari jatah 65 ribu CPNS baru tahun 2013 kemarin tidak terisi penuh. Formasi CPNS dari pelamar umum yang tidak terisi didominasi peserta tak lulus. Dari kuota 65 ribu, yang terserap hanya 58.796, sisanya (6.204) kosong.

“Penyebab kosong ada dua yaitu pelamarnya tidak ada dan ada yang tidak lulus. Namun yang dominan karena pesertanya tidak lulus,” kata Ketua Panselnas CPNS 2013, Eko Sutrisno dalam konpres di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Selasa (7/1).

Dijelaskannya, untuk formasi yang tidak digunakan alias kosong diluncurkan ke tahun anggaran 2014. Eko yang juga kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) ini mencontohkan, instansi A memiliki formasi tenaga penyuluh 10 orang. Lantas yang lulus delapan orang, maka sisanya diluncurkan (ditambahkan) untuk formasi 2014.

“Namun penambahan formasi untuk instansi tersebut, harus tetap melewati tes juga. Bukan hanya diberikan cuma-cuma tapi harus tetap melewati tes,” tambah Wakil Ketua Panselnas Setiawan Wangsaatmaja.

Menurut Setiawan yang juga Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB, formasi yang kosong tidak hanya tersebar di satu instansi saja, tetapi di banyak instansi terutama di luar Jawa dan Bali. Hal ini disebabkan karena kemampuan peserta di daerah berbeda-beda

WhatsAppShare
Share