• Home »
  • CPNS »
  • Info CPNS 2013 – Walau Anak Petani, Jangan Takut Bersaing Dengan Anak Pejabat

Info CPNS 2013 – Walau Anak Petani, Jangan Takut Bersaing Dengan Anak Pejabat

WhatsAppShare

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Pendaftaran CPNS 2013 – Pada sejumlah kementrian serta lembaga, pemerintah pusat akan segera melaksanakan penerimaan CPNS baru tahun 2013 ini. Dalam pelaksanaan seleksi tersebut pun pemerintah menjamin akan terbebas dari permainan, dan anak pejabat serta anak petani bisa bersaing secara sehat.

Azwar Abubakar, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-BR) menjelaskan, “pada dasarnya dalam pelaksanaan penerimaan CPNS baru seluruh peserta baik dari anak patani, anak-anak masyarakat desa, maupun anak pejabat tidak boleh ada perbedaan satu sama lainnya, mereka semuanya sama tanpa mengenal setatus.”

Ungkapan Azwar, permainan tersebut dalam pelaksanaan penerimaan CPNS baru harus benar-benar dihilangkan dengan diadakannya pengawasan yang sangat ketat. Dari sekian jumlah pelaksanaan penerimaan CPNS beberapa tahun ke belakang, permainan tersebut masih dapat terlihat, termasuk dalam segi soal ujian.

“Untuk pembuatan serta penyusunan soal ujian pihak pemerintah telah meminta bantuan kepada kampus, dimana permohonan tersebut melalui Kemdikbud terdapat 10 kampus yang akan membuiat soal ujian, soal tersebut juga ada di bawah orang-orang masuk universitas, jadi kita pastikan soal-soal tersebut juga tidak akan terlalu sulit,” ujar Azwar.

Dengan adanya kebocoran soal ujian CPNS itu akan menjadi pusat perhatian. Dari sekian banyak soal-soal CPNS yang banyaknya 20 ribu soal, setidaknya ada sekitar 4-5 tipe soal agar ketika pelaksanaan seleksi ujian berlangsung tidak adanya proses kecurangan.

Tidak hanya itu, dalam penempatan setiap PNS juga akan mendapatkan pengawasan yang sangat ketat. Pengawasan ketat tersebut memiliki tujuan agar kualitas serta jumlah PNS yang telah direkrut akan tepat pada sasaran.

Beliau kembali mengimbuhkan, “dengan cara bertahap, kami membutuhkan waktu selama 5-6 tahun lamanya.”

Bagaimana dengan adanya calo-calo CPNS? Beliau kembali mengungkapkan agar seluruh masyarakat khususnya yang akan melamar sebagai CPNS untuk tidak percaya kepada oknum-oknum tertentu, dan jika nantinya ada sejumlah oknum yang menawarkan jasa untuk bisa lolos ujian CPNS, harap segera laporkan kepada pihak yang berwajib. Dan secara materi, dengan adanya oknum tersebut, masyarakat bukannya untuk melainkan akan mengalami kerugian.

Sesuai dengan yang telah direncanakan, KemenPAN-RB juga akan membuat aturan yang terkait dengan aturan agar PNS rajin melaoprkan kekayaan yang dimiliki secara berkala. Hal tersebut sangatlah penting dilaksanakan agar dapat terhindari dari lonjakan keuangan yang dicurigai.

WhatsAppShare
Share