Info CPNS Bekasi 2011

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Besarnya serapan belanja tidak langsung dalam APBD 2011 Kota Bekasi, berakibat penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2011 ditiadakan pemerintah daerah setempat. Saat ini, jumlah PNS di daerah tersebut sudah mencapai 18.000  pegawai, belum lagi tenaga kerja kontrak yang mencapai 5.000 pegawai.

Plt Walikota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, jumlah pegawai di lingkungan pemerintah Kota Bekasi sudah cukup membengkak. Bahkan, masing-masing dinas yang menampung pegawai sudah melebihi kapasitas, sehingga banyak yang tidak produktif. ”Atas dasar itulah, Pemkot Bekasi tidak menerima CPNS baru tahun 2011,” katanya.

Saat ini, kata pria yang akrab disapa Pepen, wacana penghentian sementara (moratorium) penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kota Bekasi belum ada dalam pembahasan. Hal itu disebabkan, karena pemberitahuan dari pusat dan kajian teknisnya belum sampai ke Kota Bekasi. ”Kami masih menunggu dulu kabar tersebut, setelah itu kami bahas. Tetapi yang jelas tahun ini kami sudah tidak mau menerima PNS baru,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bekasi, Roro Yoewati mengatakan, perlu atau tidaknya pembatasan jumlah PNS di Kota Bekasi belum bisa ditentukan. Sebab BKD terlebih dahulu harus mengkaji secara mendalam permasalahan tersebut. Karena sejuah ini belum ada kajian teknis tentang pembatasan CPNS.

”Belum bisa ditentukan bagi kami, sebab kami juga harus mengkaji hal itu. Perlu atau tidaknya pembatasan PNS harus kita kaji sesuai dengan kebutuhan dan porsi anggaran,” tutur Roro.

Terkait persoalan kepegawian BKD hingga saat ini sedang membenahi anggaran PNS. Sebab jika mekanisme pengagaran tidak berjalan maksimal, hal tersebut akan berimbas membengkaknya anggaran belanja pegawai. ”Kami sedang lakukan kajian penganggaran gaji PNS, sebab ini penting bagi kami. Proses penganggaran yang tidak tepat akan berdampak pada pembengkakan anggaran daerah,” tandasnya. (dny)-jpnn

Share
Share