Info CPNS Kab Nunukan – Program Gerbang Emas

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

CPNS Nunukan – Guna menyukseskan Program Gerakan Membangun Ekonomi Mandiri Aman Sejahtera (Gerbang Emas), Bupati Nunukan, Basri dan Wakil Bupati, Nunukan Hajjah Asmah Gani membutuhkan pegawai negeri sipil (PNS) yang mau bekerja dalam tim. Karena beliau berpendapat bahwa kandidat berkemampuan intelektual dan kompetensi keilmuan dengan pekerjaan tak menjamin kesuksesan Program Gerbang Emas tanpa didukung pegawai yang mau bekerja.

“Keberhasilan Gerbang Emas sebenarnya tergantung pada kemauan kerja. Bagaimana kemauannya mengimplementasikan Gerbang Emas. Kita melihat kemauannya bekerja untuk rakyat. Mutasi juga harus mempertimbangkan kondisi psikologis pejabatnya, kemudian faktor mentalnya,” ujar Ketua LSM Panjiku Mansyur Rincing.

Masalah faktor fisik juga harus menjadi pertimbangan lainnya. Mengingat, para pejabat SKPD dituntut banyak turun ke kecamatan untuk mengetahui kebutuhan rakyat di 15 kecamatan.

“Kita tidak sama dengan daerah lain. Kondisi geografis kita memaksa SKPD untuk punya fisik yang kuat. Selama ini pejabat kita hanya banyak keluar daerah, tapi jarang masuk ke wilayah-wilayah kecamatan. Jangan bawahannya saja disuruh ke bawah,” tambahnya.

Tahun 2013 tantangan yang dihadapi Basri-Asmah Gani akan semakin berat ditengah situasi masyarakat yang semakin cerdas dan berfikir kritis terhadap pemerintah. Karena itu, sejak saat ini harus segera dimulai melakukan pembenahan dengan melakukan mutasi pejabat di lingkungan Pemkab Nunukan. Demikian Mansyur seraya mengingatkan.

“Ini menyangkut orang banyak. kita meminta Bupati, Wakil Bupati, Sekda supaya melakukan penilaian satu tahun perjalanan pemerintahan Basri-Asmah Gani. Evaluasi seluruh SKPD. Kalau perlu LSM dilibatkan karena kita punya data SKPD yang sukses dan tidak sukses. Jelas sekali mana yang gagal, mana yang sukses. Kita melihat kedua belah pihak ini,” ujarnya.

Jikalau pengangkatan para pejabat ini masih didasarkan pada unsur kolusi, Mansyur pun tak menyoal. Yang terpenting, bagaimana pejabat dimaksud bisa bekerja mengimpelementasikan program Gerbang Emas.

“Yang penting mereka mau bekerja. Selama ini pejabat hanya mementingkan penguatan administrasi saja. Seharusnya mereka jangan hanya mengedepankan teori, namun implementasi lapangan yang penting. Contohlah aktivis yang banyak ke lapangan, banyak bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga tahu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” tutupnya. ref : JPNN

Share
Share