Info Formasi dan Pendaftaran CPNS Pemrov DIY 2014

WhatsAppShare

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Formasi CPNS DIY 2014 – Rekrutmen CPNS 2014 di provinsi DIY tampaknya akan berjalan ketat. Pasalnya formasi yang akan dibuka oleh Pemprov DIY hanya 142 orang sesuai alokasi yang diberikan oleh pemerintah pusat.

Kekurangan pegawai pada sebagian besar Pemerintah Daerah akan ditambal pada tahun ini. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan alokasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), termasuk untuk Pemda di DIY.

Kebijakan ini tentunya disambut baik masing-masing Pemda karena berharap rekrutmen itu bisa jadi siasat menambal kekurangan aparaturnya. Mengingat telah sekitar tiga tahun terakhir tidak ada rekruitmen CPNS lantaran moratorium.

Moratorium diterapkan bagi Pemda yang menghabiskan lebih dari 50 persen anggarannya untuk belanja pegawai. Khusus untuk DIY, hampir semua Pemda mendapat alokasi CPNS 2014. Surat Menteri PANRB yang dimuat dalam situs www.menpan.go.id disebutkan hanya Pemkab Bantul yang tak mendapat kuota.

Sedangkan Pemda DIY, Pemkot Yogyakarta, Pemkab Sleman, Kulonprogo, dan Pemkab Gunungkidul memperoleh jatah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemda DIY, Agus Suprianto membenarkan keputusan Kemenpan-RB. Pihaknya telah mengajukan penerimaan CPNS pada tahun ini sebanyak 1.074. Jumlah didasarkan kekurangan PNS di lingkup Pemda DIY selama ini.

Namun demikian, Kemenpan-RB hanya mengabulkan 142 formasi dari total yang diajukan. Jumlah ini akan dimaksimalkan untuk menutup tenaga pegawai di bidang teknis, pendidikan dan kesehatan.

“Tapi kami belum tahu berapa formasi (sesuai kompetensi) yang disetujui Kemenpan,” terang Agus saat ditemui Tribun Jogja pekan lalu. Diperkirakan dia, rincian formasi yang disetujui akan diumumkan setelah bulan Juli ini.

Dengan asumsi setelah perhelatan Pemilu Presiden dan pengumuman rekapitulasi suara. Dengan adanya kepastian tambahan jumlah PNS tahun ini, diharapkan mampu menutup lubang kekurangan tenaga.

WhatsAppShare
Share