Home » CPNS » Info Penerimaan CPNS Provinsi NTB Tahun 2010-2011

Info Penerimaan CPNS Provinsi NTB Tahun 2010-2011

November 15, 2010 by - Filed under: CPNS 
Share

HOT NEWS !

Mulai Tahun 2014, Ujian CPNS akan dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Badan Kepegawaian Daerah Nusa Tenggara Barat menunggu pengaduan masyarakat terkait seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah tahun anggaran 2010 untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku.

“Kami tunggu pengaduannya, kalau ada bukti kuat pasti ditindaklanjuti,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) H.M. Zaini, kepada wartawan di Mataram, Kamis.
Zaini mengemukakan hal itu ketika wartawan mempertanyakan jaminan pemerintah terhadap proses seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil daerah (CPNSD) yang transparan dan bebas dari praktik kolusi korupsi dan nepotisme (KKN).

Hingga kini, kata dia, masyarakat luas berasumsi bahwa penerimaan CPNSD di wilayah NTB selalu diwarnai praktik kolusi dan nepotisme serta tindakan gratifikasi sehingga banyak peminat CPNSD yang pesimistis sebelum “bertarung” dalam proses seleksi.

Bahkan kalangan tertentu berasumsi 75 persen dari kuota CPNSD NTB itu merupakan jatah penerimaan yang diwarnai KKN atau hanya 25 persen yang bisa lulus murni karena kualitas individu pelamar.
Menurut Zaini, panitia penerimaan CPNSD NTB telah bertekad untuk melaksanakan tugas secara transparan agar hasilnya akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan.

Khusus seleksi penerimaan CPNSD Pemprov NTB, panitia melibatkan aparat kepolisian dari Polda NTB beserta jajarannya dan pengawas pemerintah daerah sejak tahapan penyusunan soal hingga penentuan peringkat hasil tes.

Ia mencontohkan seleksi CPNSD untuk Pemprov NTB, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, Sumbawa dan Kota Bima, yang menggunakan jasa Universitas Mataram (Unram) untuk menyusun soal hingga penentuan peringkat hasil tes.

Untuk seleksi CPNSD Kabupaten Bima menggunakan jasa Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Kabupaten Lombok Utara dan Sumbawa Barat mengunakan Universitas Indonesia (UI) dan Kabupaten Lombok Barat melibatkan Universitas Brawijaya Malang sebagai penyusun soal hingga penentuan peringkat hasil tes.

Sementara seleksi CPNSD untuk Kabupaten Lombok Timur dan Dompu belum ditetapkan lembaga penyusun soal hingga penentuan peringkat hasil tes, namun dikabarkan akan menggunakan salah satu dari empat perguruan tinggi itu.

“Khusus di Unram, polisi akan menjaga gedung yang akan dijadikan pusat penyusunan soal hingga penentuan peringkat hasil tes di kampus Unram. Akan ada garis polisi yang mengitari gedung itu, dan hanya lima orang petugas pemindai data yang boleh masuk ruangan soal dan hasil tes,” ujarnya.
Zaini mengatakan, jika ada pihak yang menemukan bukti KKN dalam penerimaan CPNSD  diharapkan segera melaporkannya kepada petugas di BKD NTB, dan dijamin akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku.

BKD NTB juga telah menyiapkan sejumlah sanksi terhadap pihak-pihak yang terlibat tindakan tidak terpuji dalam proses penerimaan CPNSD. “Bahkan, CPNSD yang terbukti KKN hingga lulus dapat dibatalkan kelulusannya jika ada bukti kuat.

Silakan lapor kepada kami disertai bukti-bukti pendukung,” ujarnya. Seleksi CPNSD di wilayah NTB yang akan dilaksanakan secara serentak akan diawali dengan pengumuman rincian formasi yang ditetapkan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sesuai usulan daerah, yang dijadwalkan 15 November 2010.

Rincian formasi itu berupa kuota sesuai usulan daerah tentang kebutuhan CPNSD yang berisi rincian peluang jabatan, tingkat pendidikan dan lokasi penempatannya. Pendaftaran peserta seleksi CPNSD 2010 itu mulai 16-30 November 2010, melalui kantor PT Pos Indonesia di masing-masing daerah.
Sementara jadwal ujian tertulis atau tes akademik juga akan digelar secara serentak yakni pada 12 Desember 2010 atau setelah seminggu panitia melakukan seleksi administrasi, dan yang berhak mengikuti ujian tertulis hanya pendaftar yang lulus tahapan tersebut.

Data BKD NTB menyebutkan kuota CPNSD tahun 2010 yang dijatahkan Kemeneg PAN untuk NTB sebanyak 2.158 orang, semuanya untuk pelamar umum. Rinciannya, sebanyak 926 orang untuk formasi guru, 676 orang formasi tenaga kesehatan dan 556 orang formasi tenaga teknis. Dari kuota 2.158 orang formasi CPNSD NTB itu, sebanyak 264 orang  untuk Pemerintah Provinsi NTB, 126 orang Pemerintah Kota Mataram, 192 orang untuk Lombok Barat, 192 orang  Lombok Tengah dan 190 orang untuk Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa mendapat kuota CPNSD sebanyak 195 orang, Kabupaten Sumbawa Barat 286 orang, Dompu 100 orang, Bima 190 orang, Kota Bima 194 orang dan Kabupaten Lombok Utara sebanyak 229 orang. Dari kuota itu masih harus dirinci formasinya sesuai usulan daerah tentang kebutuhan CPNSD sesuai jabatan, tingkat pendidikan dan lokasi penempatannya. Ref : ntb prov


Share