Kabar Penerimaan CPNS Purworejo 2011-2012

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Tahun 2011 para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Purworejo yang biasanya membanjir dipastikan sepi. Pasalnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purworejo sendiri lebih memilih patuh dengan peraturan pusat, kendati beberapa Kabupatan/Kota lain tetap mengajukan formasi dan kuota CPNS 2011 entah karena desakan SKPD atau memberi peluang ratusan sarjana yang menganggur.Di Purworejo, sikap tegas itu bahkan sudah dipastkan dengan pernyataan kuota penerimaan CPNS tahun 2011 tidak ada alias kosong.

Kepala BKD Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto SH MM, saat dikonfirmasi Radar Jogja mengungkapkan, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) telah mengeluarkan rumus dalam menentukan jumlah kebutuhan Pegawai Negeri Sipil  (PNS) di Daerah. “Yakni Menpan No 26 Tahun 2011 Tentang Pedoman Penghitungan Jumlah Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Daerah sudah dirumuskan. Mengacu dengan itu tahun tidak ada penerimaan CPNS di Purworejo, melainkan hanya melakukan penataan pegawai yang sudah ada,” ucapnya, Senin (25/7) kemarin.

Dikatakan, pihaknya sedianya sudah cukup banyak menerima permohonan penambahan tenaga yang dikirim baik secara lisan atau tertulis dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Namun menyesuaikan dengan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juklis) Menpan tahun 2011 tidak ada penerimaan CPNS. “Kebutuhan riilnya akan segera dihitung oleh tim di tingkat Kabupaten yang tengah dibentuk. Ya! saya pastikan peneimaaan CPNS 2011 Kabupaten Purworejo tidak ada,” tegas mantan Sekretaris KPUD Kabupaten Purworejo itu.

Berdasarkan data BKD, jumlah PNS di Kabupaten Purworejo terhitung hingga bulan Juli 2011 totalnya 11.985 pegawai. Jumlah tersebut 7.435 diantaranya adalah tenaga pendidikan. “Dari total 7.435 tenaga pendidik itu, 6.677 bekerja sebagai fungsionalis guru. Jadi lebih dari 50 % PNS di Purworejo ini adalah guru,  mengacu pada peraturan baru masa pensiun guru kini kembali menjadi 60 tahun bukan 56 tahun,” imbuhnya. Lebih lanjut dijelaskan, jumlah pegawai yang memasuki masa pensiun tahun 2011 hingga bulan Juli ada 425 pegawai. “Pegawai yang sudah memasuki masa pensiun mulai banyak sejak tahun 2011 ini, kedepan jumlah pegawai yang pensiun rata-rata mencapai 450 – 500 setiap tahunnya,” bebernya.

Selain itu, sebanyak 469 Desa yang tersebar di 16 Kecamatan di Purworejo juga membutuhkan sekretaris desa yang PNS. “Dari total 469 Desa itu 324 desa sekdesnya sudah diangkat menjadi PNS, sementara sisanya menunggu keputusan pusat, tapi yang jelas untuk penerimaan CPNS jalur umum tahun ini tidak ada,” katanya. Pada bagian lain Sukmo menjelaskan, untur rekrutmen Sekretaris Daerah (Sekda) Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg telah mengusulkan tiga nama kepada Gubernur.

Tiga kandidat itu yakni Drs Tri Handoyo (Asisten II Setda Purworejo yang juga kini menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekda,red), Drs H Pram Prasetya Achmad MM (inspektorat) dan Ir Jumali (Staf Ahli).  “Ketiga kandidat itu akan memaparkan Rancangan Strategis (Rancas) di depan Baperjakat Profinsi selambat-lambatnya Agustus mendatang. Mengingat posisi pelaksana tugas itu maksimal hanya satu tahun, maka tahun ini posisi Sekda harus sudah terisi,” tandasnya. (tom)-radarjogja

Share
Share