• Home »
  • CPNS »
  • Ribuan Tenaga Harian Lepas (THL) K 1 Berhak Diangkat Jadi CPNS

Ribuan Tenaga Harian Lepas (THL) K 1 Berhak Diangkat Jadi CPNS

WhatsAppShare

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

CPNS Honorer 2015 – Sebanyak 1006 Tenaga Harian Lepas (THL) Kategori 1 (K-1) di lingkungan Pemkab Bangkalan, Madura, Jawa Timur harus segera diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ini menyusul Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi dari Menpan RB Yuddy Chrisnandi.

Gugatan Kasasi Menpan RB Ditolak MA, Ribuan Tenaga Harian Lepas (THL) K 1 Berhak Diangkat Jadi CPNS

Sebelumnya, Menpan RB menganulir 1.006 THL K-1 yang ada di Pemkab Bangkalan, karena dinilai tidak sesuai dengan aturan penganggaran. Ini berdasarkan hasil Audit Tujuan Tertentu (ATT) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Kemudian, para THL melalui penasihat hukumnya melayangkan gugatan ke PTUN atas dianulirnya sebagai K-1. Lalu, PTUN mengabulkan gugatan tersebut. Rupanya, Menpan RB tidak terima dengan putusan PTUN.

Selanjutnya, Menpan RB mengajukan kasasi ke MA. Hasilnya, MA menolak gugatan yang diajukan Menpan RB. Kini, ribuan THL ini tinggal menunggu diangkat sebagai CPNS.

“Saya telah menerima putusannya dan sudah saya serahkan kepada Bapak Bupati,” terang penasihat hukum THL K-1 Kabupaten Bangkalan, M Syafik ketika dikonfirmasi, Rabu (5/8/2015).

Dengan ditolaknya kasasi oleh MA tersebut, 1 006 THL berhak untuk diangkat menjadi CPNS. Ini sesuai dengan Pasal 4 dan Pasal 6 PP Nomor 56 Tahun 2012, tenaga honorer yang telah dinyatakan memenuhi kriteria sebagai K1 harus diangkat menjadi CPNS pada tahun anggaran berjalan.

“Semestinya ribuan THL itu diangkat pada 2012 lalu, karena sudah dinyatakan lolos menjadi K-1 oleh BKN. Namun, kenyataannya, mereka bukan diangkat. Justru yang terjadi sebaliknya. Mereka dianulir sebagai THL K-1,” ucapnya.

Menurut Syafik, saat ini hak mereka telah kembali sebagai THL K-1. Sehingga tinggal komunikasi bupati dengan BKN terkait dengan pengangkatan para THL K-1 menjadi CPNS.

WhatsAppShare
Share