Sosialisasi Penerimaan Polri Kota Bekasi 2013

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Info Penerimaan Polri – Kepala Bagian (Kabag) Humas Polres Bekasi Kota, Ipda Evi Fatma menegaskan, penerimaan anggota Polri tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Oleh karena itu, dia meminta kepada orang tua calon anggota Polri untuk tidak percaya tawaran pihak-pihak yang mengaku mampu meloloskan anaknya menjadi siswa calon anggota polisi.

“Tidak ada pungutan. Peserta harus lulus, baik mulai dari pemeriksaan awal hingga ujian. Dalam rekruitmen menerapkan prinsip seleksi bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Kami mencari anggota Polri yang terbaik. Jadi setiap ujian akan diawasi oleh pengawas internal dan eksternal,” katanya usai sosialisasi penerimaan anggota Polri 2013 di Balai Patriot Pemerintah Daerah Kota Bekasi, Kamis (31/1/2013).

Sementara itu, usai melakukan sosialisasi, Polres Bekasi Kota langsung menawarkan bagi siswa yang berminat untuk mendaftarkan diri sebagai anggota Polri. Karena, tujuan sosialisasi penerimaan Polri tersebut agar masyarakat atau pelajar mengerti tata cara untuk mengikuti tes secaba polri. Dan yang pasti harus melengkapi syarat-syarat seperti yang telah ditentukan. Karena selama ini terkait penerimaan calon Polri mendapatkan image yang kurang baik seperti syarat administrasi, karena selama ini dalam pendaftaran tidak dipungut biaya.

“Yang mendaftar memang belum ada, ini baru dilakukan sosialisasi dan mulai hari ini pendaftaran penerimaan calon anggota Polri sudah dibuka dan tanpa dipungut biaya,” kata Kabag Humas Polres Bekasi Kota, Ipda Evi Fatma, saat ditemui beritabekasi.co usai acara sosialisasi tersebut.

Adapun persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah WNI, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sehat jasmani dan rohani, tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan, berwibawa, jujur, adil, berkelakuan baik dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

Adapun syarat khusus yakni berijazah serendah-rendahnya SMA sederajat dengan nilai UAN minimal 6,25 untuk IPA dan 6,5 untuk IPS dan SMK, umur saat dilantik jadi brigadir minimal 18 tahun dan pembukaan pendidikan maksimal 21 tahun.

Adapun tinggi badan minimal 163 cm (pria) dan 160 cm (wanita), belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan, serta bersedia menjalani ikatan dinas selama 10 tahun, memperoleh persetujuan dari orang tua/wali, dan tidak terikat ikatan dinas dengan instansi lain.

“Pada saat pendaftaran telah berdomisili di wilayah tempat Polda pendaftaran minimal 1 tahun,” paparnya. Adapun cara pendaftaran, lanjutnya, dengan datang langsung ke Polres Bekasi Kota atau sistem online dengan membuka website www.penerimaan.polri.go.id.

Share
Share