Institut Teknologi Bandung ITB Hanya Menerima Mahasiswa Lewat SNMPTN

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Institut Teknologi Bandung (ITB) menghapus jalur penerimaan mandiri dalam penerimaan mahasiswa baru pada 2011 ini. Dengan dihapusnya jalur mandiri ini, ITB hanya menerima mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN).

“Sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 34/2010, ITB hanya melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru program sarjana secara nasional,” ujar Wakil Rektor Bidang Komunikasi Kemitraan dan Alumni ITB Hasanudin Z Abiddin kepada wartawan di Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari, Kamis (13/1).

Penghapusan jalur mandiri ini, kata ia, untuk mengubah pandangan masyarakat mengenai kualitas pendidikan di ITB. Pada tahun sebelumnya, ITB masih melakukan sistem penerimaan mahasiswa secara mandiri dengan proporsi 50% untuk jalur nasional dan 50% jalur mandiri. “Tahun ini, penerimaan jalur mandiri kita tiadakan dan ITB akan menerima mahasiswa baru seluruhnya atau 100% dari SNMPTN,” tandas Hasanudin.

Sementara itu berdasarkan PP No.66 tahun 2010, ITB akan mengalokasikan tempat bagi calon mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Jumlahnya sekitar 20 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa baru.

“Bagi calon mahasiswa yang berminat masuk ITB bisa mengakses situs SNMPTN untuk mendaftar dan melakukan pembayaran secara daring di jaringan Bank Mandiri,” kata Hasanuddin.

ITB juga menerima program beasiswa seperti program BIUS, BIDIK MISI dan Beasiswa Biaya Pendidikan dan yang lainnya.

Lebih lanjut, Hasanuddin menyebutkan, jadwal pelaksanaan SNMPTN 2011 jalur undangan pendaftarannya dimulai 1 Februari hingga 12 Maret 2011 dengan pengumuman hasil 18 Mei 2011, sedangkan registrasi 31 Mei hingga 1 Juni 2011.

Sedangkan pelaksanaan SNMPTN 2011 jalur ujian tertulis dan keterampilan dilakukan mulai 31 Mei hingga 1 Juni 2011. Ujian keterampilan diselenggarakan pada 2-3 Juni 2011. Ref : ins-surabayapost

Share
Share