• Home »
  • Education »
  • Pengumuman Rekrutmen Tim Pelaksana Program KIAT Guru Kemendikbud Tahun 2016

Pengumuman Rekrutmen Tim Pelaksana Program KIAT Guru Kemendikbud Tahun 2016

WhatsAppShare

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Latar Belakang KIAT Guru

Anggaran pendidikan dan kesejahteraan guru telah mencukupi Sejak tahun 2009, anggaran pendidikan telah mencapai 20% dari APBN. Setengah dari anggaran tersebut dialokasikan untuk gaji dan tunjangan guru, dengan pagu yang terus meningkat dalam 3 tahun terakhir. Kesejahteraan guru telah membaik. Bagi guru yang telah disertifikasi, besaran tunjangan profesional bisa mencapai satu kali gaji pokok. Apabila guru yang telah disertifikasi ditempatkan di daerah khusus dan mendapatkan tunjangan khusus, maka pendapatan mereka bisa mencapai tiga kali gaji pokok.

Hasil dan capaian pendidikan, terutama di daerah perdesaan dan terpencil, masih terpuruk. Walaupun kesejahteraan guru telah membaik, hasil pencapaian belajar siswa-siswi Indonesia masih tetap terpuruk. Pencapaian matematika, bahasa, dan ilmu alam dalam tes TIMMS dan PIRLS  tahun 2011 menurun dibanding tahun 2007 untuk kelas 8, demikian juga dalam tes PISA tahun 2012 menurun dibanding tahun 2009 untuk murid berusia 15 tahun. Kesenjangan pelayanan dan pencapaian pendidikan di daerah perkotaan dan perdesaan juga masih cukup tinggi. Lebih dari 50% penduduk di daerah perdesaan berusia 15 tahun ke atas masih belum atau baru tamat pendidikan Sekolah Dasar, dibandingkan 30% di daerah perkotaan (BPS, 2012).

Tingkat kemangkiran guru di daerah terpencil dan guru penerima tunjangan khusus relatif lebih tinggi. Survei yang dilakukan oleh SMERU pada tahun 2010 menunjukkan bahwa tingkat kemangkiran guru di daerah terpencil (24,4%) lebih tinggi dibandingkan rerata nasional (15%). Yang paling memprihatinkan adalah, tingkat kemangkiran guru penerima tunjangan khusus (31,5%) lebih tinggi dibandingkan guru yang tidak menerima tunjangan khusus (25,4%). Survei serupa yang dilakukan oleh ACDP pada tahun 2014 mengindikasikan perbaikan, walaupun di daerah terpencil (19,3%) masih dua kali lipat rerata nasional (9,4%).

Program KIAT Guru membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang berkualitas, berdedikasi tinggi dan bersedia ditempatkan di lokasi terpencil untuk mengisi posisi – posisi sebagai berikut :

  1. Koordinator Lapangan (KL) – 4 posisi
  2. Pelaksana Lapangan (PL) – 8 posisi
  3. Fasilitator Masyarakat (FM) – 40 posisi
  4. Asisten Administrasi & Keuangan (AAK) – 4 posisi

Persyaratan :

  • Pendidikan minimal lulusan S1 (1,2,4)
  • Pendidikan minimal lulusan Universitas atau SMA/SMK/MA dengan pengalaman kerja yang relevan minimal 3 tahun (3)
  • Usia maksimal 30 tahun (3)
  • Pengalaman minimal 5 tahun bekerja dalam linkgup advokasi, tata kelola pemerintahan, dan pemberdayaan masyarakat, pengalaman memimpin dan mengelola tim kerja (1)
  • Pengalaman minimal 3 tahun bekerja dalam lingkup pemberdayaan masyarakat, terutama mendampingi serta memfasilitasi masyarakat. Mampu menunjukkan kemampuan, mensupervisi dan memimpin tim lapangan (2)
  • Pengalaman minimal 3 tahun dalam menangani administrasi keuangan. Diutamakan yang memiliki pengalaman menangani administrasi keuangan Pemerintahan Daerah (4)
  • Wilayah penempatan : Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Tata Cara Melamar

Bagi teman-teman yang berminat dan memenuhi persyaratan, silakan mengirimkan lamaran lengkap ke :

personnelKG@tnp2k.go.id

Keterangan :

  • Harap menuliskan kode posisi pada subyek email dengan format : “…(kode posisi yang dilamar)….’…(provinsi yang dipilih)…’…(nama pelamar)…”
  • Ukuran email maksimal 250 KB.
  • Lamaran diterima paling lambat pada tanggal 16 Agustus 2016
WhatsAppShare
Share