Cara Mengajukan Klaim Asuransi Kendaraan

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Kecelakaan kendaraan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, termasuk saat mudik lebaran seperti yang dialami artis Saipul Jamil. Bagi Anda peserta asuransi, tak usah risau karena kerugian akan ditanggung pihak asuransi.

Sayangnya, butuh trik tertentu agar klaim asuransi cepat keluar. Berikut tips klaim asuransi kendaraan cepat dan mudah menurut praktisi asuransi Imam Musjab dari ahliasuransi.com.

Pelaporan klaim

  1. Laporan tentang kecelakaan harus disampaikan tertanggung kepada perusahaan asuransi secepatnya, maksimum 3√ó24 jam setelah kecelakaan terjadi.
  2. Bila kecelakaan terjadi di luar kota, tertanggung dapat melapor kepada kantor perwakilan atau kantor cabang perusahaan asuransi terdekat.

Perbaikan kendaraan

  1. Segera kirim kendaraan Anda ke salah satu bengkel rekanan perusahaan asuransi agar perbaikan cepat dilakukan.
  2. Bila di kota tersebut tak ada bengkel rekanan, maka tertanggung dapat memasukkan ke bengkel yang dipilih perusahaan asuransi.
  3. Jangan masukkan kendaraan ke bengkel tanpa persetujuan perusahaan asuransi, karena bisa saja pihak asuransi tak mau bayar.
  4. Perusahaan asuransi harus diberi kesempatan untuk survei atau memeriksa bagian kendaraan yang rusak atau hilang, sebelum dilakukan perbaikan.
  5. Mengisi dan melengkapi dokumen klaim, seperti formulir klaim, fotokopi SIM dan STNK, serta surat keterangan polisi untuk klaim kehilangan.

Klaim yang melibatkan pihak ketiga

  1. Bila terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga, tertanggung jangan mengaku atau membuat pernyataan mengambil alih tanggung jawab atas kecelakaan tersebut, sebelum mendapat izin dari perusahaan asuransi.
  2. Bila ada tuntutan perbaikan kendaraan dari pihak ketiga, maka surat tuntutan yang ditujukan kepada tertanggung harap dikirimkan ke perusahaan asuransi  disertai surat laporan kepolisian atas kejadian kecelakaan.
  3. Setelah mempelajari kejadian kecelakaan, apabila memenuhi syarat, perusahaan asuransi akan menginstruksikan mobil pihak ketiga masuk bengkel.
  4. Bila kecelakaan menimbulkan korban pada pihak ketiga, tertanggung menyerahkan seluruh kwitansi asli biaya pengobatan korban.

Klaim pencurian

  1. Bila terjadi pencurian, laporkan kepada polisi dan pihak asuransi. Perusahaan asuransi akan melakukan memeriksa peristiwa tersebut. Tertanggung menyediakan dokumen klaim, seperti mengisi formulir klaim, fotokopi SIM dan STNK, surat keterangan polisi, dan surat blokir STNK. (art/VIVAnews)

Share
Share