• Home »
  • General »
  • Pemerintah Berharap Perusahaan Swasta Banyak Membuka Lowongan Kerja

Pemerintah Berharap Perusahaan Swasta Banyak Membuka Lowongan Kerja

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Pemerintah meminta perusahaan swasta di Indonesia untuk rajin-rajin membuka lowongan pekerjaan dan juga program magang agar jumlah pengangguran yang mencapai 8,1 juta orang berkurang.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dalam keterangannya yang dikutip, Sabtu (8/10/2011).

“Perusahaan diharapkan dapat membuka kesempatan lebih luas kepada para pencari kerja dan juga membuka kesempatan program magang di perusahaan,” kata Muhaimin.

Menurutnya, perusahaan di Indonesia harus meningkatkan produktivitas kerja dan menciptakan hubungan yang harmonis dan kondusif sehingga perusahaan dapat berkembang dan mampu merekrut dan mempekerjakan lebih banyak para karyawan baru.

“Pekerja dan perusahaan harus bekerjasama dalam menjalankan peran dan tugasnya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja dan memberikan nilai lebih bagi perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk menghindari adanya perselisihan hubungan industrial yang dapat mengakibatkan adanya PHK, Muhaimin mengatakan selama ini pemerintah telah mendorong para pekerja dan pihak manajemen agar terus melakukan dialog dalam menyelesaikan setiap permasalahan hubungan industrial yang terjadi di perusahaan.

“Pendekatan pola kekeluargaan yang sesuai dengan budaya Indonesia terbukti mampu menghindarkan perusahaan-perusahaan dari krisis-krisis ekonomi yang melanda dunia,” kata Muhaimin.

Apabila produktivitas perusahaan meningkat dan dapat berkembang terus maka diharapkan dapat angka pengangguran turun dari data Badan Pusat Statistik (BPS) saat ini yang mencapai 6,8% atau 8,1 juta orang.

“Kesempatan magang di perusahaan harus dibuka seluas-luasnya untuk lulusan sekolah menengah yang berguna untuk melatih calon tenaga kerja agar memiliki keahlian dan keterampilan yang matang sehingga mudah terserap di dunia kerja,” kata Muhaimin.

Program pemagangan menurut Muhaimin menjadi salah satu solusi alternatif dalam mengatasi masalah pengangguran. Program pemagangan pun menjadi titik awal untuk membuka lapangan kerja baru melalui wirausaha mandiri.

“Eks peserta magang dari perusaahaan memang langsung diminati perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang industri terutama industri, otomotif, tekstil, listrik, manufaktur, mesin, dan bangunan,” Kata Muhaimin.

Muhaimin mengatakan, eks magang perusahaan juga dapat memilih untuk membuka usaha sendiri secara mandiri atau berwirausaha sesuai dengan bakat, kemampuan, dan ilmu yang dipelajari selama magang di perusahaan.

Jobelist sangat mendukung dengan ikut menyebarkan info lowongan kerja, sehingga info lowongan bisa menjangkau semua lapisan masyarakat. Ref : detik finance

Share
Share