Pengangguran Indonesia Tahun 2011 Masih 8.12 Juta

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Angka pengangguran terbuka di Indonesia masih mencapai 8,12 juta jiwa. Angka tersebut belum termasuk dalam pengangguran setengah terbuka, yaitu mereka yang bekerja kurang dari 30 jam per minggu. Masih tingginya angka pengangguran di Indonesia, harus diatasi dengan menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang unggul.

Hal itu disampaikan Menteri Tenaga Kerja dan Tansmigrasi RI, Muhaimin Iskandar dalam sambutannya pada pembukaan Nakertrans Expo 2011, di Pusat Promosi dan Informasi Bisnis Kota Tegal, Jawa Tengah, Selasa (21/6/2011). Menurut dia, banyak perangkat yang harus disiapkan untuk mengatasi pengangguran.

Salah satunya yaitu dengan menyiapkan sumber daya manusia yang berkompetensi unggul. Selama ini, dalam kegiatan bursa kerja seperti yang diselenggarakan di Tegal hari itu, biasanya lowongan hanya terisi sekitar 50 persen. Hal itu terjadi, karena kompetensi yang disyaratkan perusahaan pencari tenaga kerja tidak mampu dipenuhi oleh para tenaga kerja. Oleh karena itu menurut Muhaimin, tenaga kerja harus disiapkan dengan baik.

Sementara itu di Jawa Tengah, hingga 2010, angka pengangguran masih mencapai 1,046 juta jiwa. Angka tersebut turun sebesar 16,04 persen, bila dibandingkan jumlah pengangguran pada 2009, sebanyak 1,252 juta jiwa.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jateng, Siswo Laksono saat membacakan sambutan Gubernur Jateng, Bibit Waluyo mengatakan, dalam rangka mengatasi masalah tenaga kerja, Pemprov Jateng terus berupaya meningkatkan rasio SMK terhadap SMU.

Pada April 2008, Pemprov Jateng telah mendeklarasikan sebagai Provinsi Vokasi, dengan meningkatkan peran SMK sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, pusat pengembangan sains, dan teknologi, serta pusat produksi dan pemasaran.

Pada 2008, rasio SMK terhadap SMU masih 54,4 persen berbanding 45,6 persen. Pada 2010, perbandingannya sudah mencapai 60,10 persen untuk SMK dan 39,90 persen untuk SMU. Pemprov Jateng menargetkan rasio SMK terhadap SMA mencapai 70 persen berbanding 30 persen pada 2013 mendatang. Selain itu, juga dilakukan perintisan Desa Vokasi, melalui jalur pendidikan non formal, katanya.

Nakertrans Expo 2011 yang diselenggarakan Pemkot Tegal diserbu oleh ribuan pelamar. Sekitar 6.000 pelamar diperkirakan mengikuti kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut.

Wali Kota Tegal, Ikmal Jaya mengatakan, bursa kerja dalam Nakertrans Expo 2011 diikuti 35 perusahaan. Kegiatan tersebut menyediakan 50 jabatan, dengan jumlah serapan tenaga kerja sekitar 6.000 orang.  Ref : kompas

Share
Share