Beasiswa Kerja Sama BRI dan Kemendiknas

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) kemarin menandatangani kerja sama program beasiswa Nusantara Cerdas-Bank BRI.

Penandatanganan dilakukan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh dan Direktur Utama BRI Sofyan Basyir. “Program beasiswa ini bertujuan memberikan beasiswa kepada mahasiswa daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur,” ujar Sofyan di Jakarta kemarin. Menurut Sofyan Basyir, tahun ini terdapat alokasi anggaran sebesar Rp8 miliar untuk 40 mahasiswa dan mahasiswi. Adapun, bantuan yang diberikan Kemendiknas yakni biaya pendidikan sedangkan bantuan yang diberikan BRI berupa bantuan biaya nonpendidikan, seperti biaya hidup, biaya transportasi, asuransi pendidikan,dan bantuan pengadaan laptop.

Menurut Sofyan, calon penerima beasiswa merupakan penduduk asli yang berdomisili di Papua,Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, dan NTT serta sudah lulus SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Dari beberapa kandidat penerima beasiswa, peserta yang telah lulus tes seleksi harus mau menjalani masa pendidikan di perguruan tinggi di Pulau Jawa. “Setelah mereka lulus, mereka harus bisa bekerja di BRI tempat asalnya.Jadi, mereka bisa membangun bangsa lewat BRI,”katanya.

Perguruan tinggi dimaksud adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Institut Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan Universitas Sebelas Maret. Sementara itu, Mendiknas M Nuh mengaku sangat gembira dengan upaya yang dilakukan BRI untuk mencerdaskan anak bangsa.

“BRI itu kan identik dengan bank rakyat, makanya wajar jika mereka menyisihkan keuntungannya untuk membantu rakyat,” kata Nuh. rakhmat baihaqi – sindo

Share
Share