Berikut Kiat Sukses Taklukkan Wawancara Beasiswa

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Para pelamar beasiswa terpilih biasanya akan mengikuti tahapan wawancara dengan pihak panitia pemberi beasiswa. Jika kamu akan menghadapi wawancara beasiswa, ini tips yang bisa kamu praktikkan.

Gunakan baju yang sesuai. Pakailah baju yang sopan dan nyaman kamu kenakan, namun jangan terlalu santai. Sebagai saran, jangan gunakan pakaian lebih dari dua warna karena akan terlihat berlebihan.

Datanglah tepat waktu. Berikan kesan pertama yang meyakinkan dengan datang tepat waktu.

Perhatikan bahasa tubuhmu. Bahasa tubuh tertentu dapat menunjukan kepercayaan dirimu. Menaruh tangan di atas paha atau di atas meja menunjukan kamu percaya diri dibandingkan memainkan rambut atau menyentuh wajah.

Perhatikan presentasimu. Jawablah pertanyaan dengan menggunakan alasan atau penjelasan yang detail sehingga mudah diingat oleh pewawancara. Hindari menggunakan kata ‘uhm’, ‘like’, dan ‘you know’. Jika kamu tidak terlalu memahami pertanyaan yang diberikan, mintalah pewawancara untuk mengulangi pertanyaan tersebut. Hal ini bertujuan menghindari kesalahpahaman antara kamu dan pewawancara.

Lakukan kontak mata sepanjang wawancara. Hindari menatap lantai atau langit-langit ketika sedang berbicara maupun mendengarkan.

Berikan informasi tambahan yang relevan dengan aplikasi beasiswamu. Jangan berikan informasi yang tidak terkait dengan kelebihan atau prestasimu di bidang akademis.

Akhiri wawancara dengan penutupan yang baik. Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas waktu dan kesempatan yang diberikan untuk wawancara tersebut.

Perlu kamu ingat, hindari mengunyah permen karet, menceritakan kisah sedih, menguap, melihat jam, terlihat bosan, dan gelisah selama wawancara.

Selamat mencoba dan semoga sukses! (rhs)-okezone

Share
Share