Cara Memperoleh Beasiswa Bidik Misi Tahun 2011

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Tanya Jawab Pendaftaran Bidik Misi 2011

Untuk membantu menjawab pertanyaan calon pendaftar bidik misi kami sudah merangkum beberapa pertanyaan yang bisa memperjelas informasi mengenai bidik misi

P : Pertanyaan
J : Jawaban

P : Apakah Bidik Misi hanya untuk lulusan SMA saja ?
J : Tidak, lulusan SMK, MA, MAK dan jenjang pendidikan lain yang setara ( seperti paket C ) diperbolehkan mendaftar.

P : Berapakan kuota bidik misi setiap tahunnya? apa ada kuota per tahun ?
J : 20.000, untuk 2010 104 perguruan tinggi penyelenggara, untuk 2011 117 perguruan tinggi penyelenggara. sampai tulisan ini dibuat, tidak ada kuota per tahun lulusan.

P: Apa pendaftaran bidik misi 2011 sudah dibuka?
J : Pendaftaran bidik misi 2011 belum dibuka, saat ini kami masih berkoordinasi dengan PT pelaksana untuk menyusun jadwal pelaksanannya.

P : Apa bedanya beasiswa dan bantuan biaya pendidikan ?
J : singkatnya beasiswa condong kepada prestasi dan bantuan biaya pendidikan condong pada ketidakberuntungan secara ekonomi, definisinya bisa dilihat pada permendiknas 34/2010

P : Saya boleh mendaftar di berapa PT?
J : pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar di 1 PT, usaha pendaftaran di lebih dari 1 PT akan dicatat dan diputuskan dalam forum pimpinan bidik misi.

P : Apa yang sudah menjadi mahasiswa boleh mengajukan bidik misi untuk melanjutkan kuliahnya?
J : Tidak, Bidik Misi hanya diperuntukkan untuk penerimaan mahasiswa baru, untuk yang sedang menjalani kuliah ada beasiswa ppa dan bbm.

P : saya sudah menerima bidik misi 2010, tapi tidak cocok dengan jurusan yang saya pilih, apa diperbolehkan mendaftar? apa mungkin ketahuan ?
J : Tidak, dengan mencoba mendaftar kami menganggap anda sudah berusaha untuk menghilangkan hak orang yang memenuhi syarat mendapat bidik misi di 2011. kami juga akan mencocokkan identitas anda dengan penerima tahun sebelumnya, setiap usaha pendaftaran bidik misi 2011 dari penerima bidik misi 2010 akan dicatat dan dikirimkan ke PT dimana anda menerima bidik misi pada tahun sebelumnya untuk dibina.

P : Apa boleh jika saya diterima mengundurkan diri untuk masuk ke sekolah kedinasan ?
J : Kami tidak menetapkan sanksi pidana, tapi mohon agar melihat konsekuensi sosial dari apa yang anda lakukan, dengan melakukan hal tersebut anda mungkin telah merampas kesempatan dari pendaftar lainnya untuk mengentaskan kemiskinan keluarganya menggunakan bidik misi dan menghilangkan kesempatan orang lain yang mendaftar sekolah kedinasan untuk merengkuh masa depannya. Kami juga akan mencatat secara khusus hal seperti ini dan terbuka kemungkinan memberikan sanksi administratif pada sekolah / dinas pendidikan di daerah anda.

P : Apakah saya layak mendaftar bidik misi, bagaimana tolok ukur kemampuan ekonomi yang disyaratkan ?
J : persyaratan ketidakmampuan tidak hanya ditetapkan berdasarkan nominal pendapatan ekonomi tertentu. Tapi juga tolok ukur lain seperti jumlah tanggungan yang dimiliki, kondisi rumah tinggal, hasil wawancana dan lain sebagainya. Singkatnya jika anda tahu betul bahwa tanpa bidik misi orang tua / wali tidak akan bisa membiayai jenjang pendidikan di perguruan tinggi maka anda layak mendaftar.

P : Kami dengar lulusan 2010 apa diperbolehkan mendaftar, apa itu benar?
J : Untuk penerimaan mahasiswa baru, lulusan 2010 diperbolehkan mendaftar asalkan memenuhi syarat Bidik Misi dalam pedoman bidik misi 2011.

P : Apa dengan bidik misi kita bisa menjalani pendidikan tinggi dengan gratis ?
J : Tidak harus diartikan gratis, karena tetap diharapkan ada dukungan orang tua / wali yang dapat membantu dicapainya tingkat pelayanan pendidikan yang lebih baik, Komponen biaya yang dicakup oleh bidik misi adalah bantuan biaya pendidikan yang dikelola oleh perguruan tinggi dan bantuan biaya hidup yang diberikan kepada mahasiswa penerima bidik misi, penjelasan lebih jauh bisa dilihat di pedoman bidik misi 2011.

P : Dalam pedoman dikatakan bahwa syarat pendaftar harus masuk dalam 30 % urutan prestasi sekolah, apakah itu yang dimaksud adalah prestasi pararel ?berapa kuota pendaftar tiap sekolah?
J : Betul, yang dimaksud adalah prestasi pararel, dengan kata lain dalam 1 sekolah. urutan prestasi dalam 1 sekolah diketahui oleh sekolah. mengenai kuota secara kasarnya adalah 30% dari jumlah pada tahun terkait, kami akan mencocokkan dengan jumlah siswa kelas 3 ( 2011) dan mantan siswa kelas 3 ( 2010 ) dari data NISN ( http://nisn.dapodik.org ).

P : Untuk pendaftaran bidik misi 2011 apa dilakukan secara online ? berarti saya harus mengirim berkas ke PT yang dituju?
J : benar, pendaftaran bidik misi 2011 dilakukan secara online di http://bidikmisi.dikti.go.id/pendaftaran. setelah pendaftaran online pendaftar diperbolehkan mencetak formulir yang merupakan bukti pendaftaran dari sistem pendaftaran. rekomendasi sekolah, formulir beserta kelengkapannya tetap dikirimkan ke PT yang dituju

P : Apa untuk mendaftar program ini sekolah saya harus memiliki NPSN dan saya harus memiliki NISN?
J : Ya, untuk mendaftar sebagai instansi pemberi rekomendasi bidik misi, PT harus mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi di http://bidikmisi.dikti.go.id/sekolah dengan syarat NPSN. untuk setiap rekomendasi harus dicatatkan NISN nya juga

P : Jika tidak punya NISN dan NPSN bagaimana?
J : masih ada kesempatan untuk mendapatkan NPSN dan NISN sebelum pendaftaran dibuka, agar menghubungi helpdesk dapodik di http://npsn.dapodik.org/konten.php?data=kontak. dalam proses pendaftaran pun direncanakan ada waktu sesedikitnya setengah bulan untuk mendapatkan identitas dapodik tersebut. Pengecualian ditetapkan untuk wilayah bencana dan lokasi yang tidak memiliki akses internet.

P : Apa prestasi ko-kurikuler dan ekstrakurikuler wajib dimiliki oleh pendaftar?
J : tidak, prestasi ko dan ekstrakurikuler merupakan nilai tambah saja.

P : Apa rekomendasi sekolah adalah wajib dimiliki ?
J : Ya, prosedur rekomendasi sekolah wajib diikuti, jika ada sekolah yang tidak memfasilitasi agar menghubungi kontak kami dan menyertakan nomor hp yang bisa dihubungi untuk ditelpon. Pengecualian ditetapkan untuk sekolah yang terkena bencana, sudah tidak menyelenggarakan pendidikan, dan hal hal yang diatur dalam pedoman bidik misi 2011.

P : Apa yang bisa kami lakukan jika sekolah menghalang halangi saya untuk mendapatkan rekomendasi padahal saya tahu bahwa saya berhak mendaftar bidik misi ?
J : Anda bisa menghubungi kontak kami dan menyertakan alamat sekolah beserta nomor sekolah yang bisa dihubungi, identitas pelapor akan kami lindungi.

P : Apakah ada kuota untuk penerima bidik misi di masing masing wilayah dan asal SMA/SMK?
J : Di kementerian pendidikan tidak diatur sejauh itu, tapi ada beberapa PT yang menerapkan kebijakan pemerataan baik asal sekolah / asal daerah.

P : Apakah ada ikatan kedinasan bagi penerima program ini, begitu juga dengan jaminan memperoleh kerja menjadi pegawai negeri ?
J : Tidak, bidik misi bukan merupakan program kedinasan, dan tidak ada jaminan kerja. Kami berharap justru lulusan program ini dapat berpartisipasi aktif dalam penciptaan kesempatan kerja bagi masyarakat.

P : saya merasa sosialisasi program ini sangat lemah, kenapa bisa begitu ?
J : kami sudah berusaha maksimal sesuai kapasitas kami dalam sosialisasi program ini, baik melalui media televisi, radio, cetak, internet dan jalur birokrasi melalui PT atau kepala dinas propinsi dan kabupaten / kota. Kami juga berharap ada peran aktif dari siswa untuk mencari informasi mengenai program ini.

P : saya ingin menghubungi penanggung jawab program ini di dikti, caranya bagaimana ya ?
J : silahkan email melalui alamat [email protected]

Share
Share