Informasi Beasiswa Unggulan Tahun 2012 – 2013

Share

HOT NEWS !

Sejak Tahun 2014, Ujian CPNS dilaksanakan secara online dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Apakah Anda sudah mengenal ujian dengan sistem CAT..?

Pelajari Info lengkapnya ...
Klik Disini >>

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali memberikan apresiasi bagi para pemuda Indonesia yang berprestasi. Apresiasi tersebut diwujudkan dalam bentuk bantuan untuk biaya pendidikan, biaya hidup, serta bantuan operasional lainnya, tergantung kompetensi dari masing-masing individu. Beasiswa dari Kemendikbud yang dikelola oleh Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) tersebut bernama Beasiswa Unggulan dan berasal dari APBN sebesar Rp94 miliar.

Biasanya beasiswa yang selama ini saya ketahui hanya diberikan dalam jangka waktu satu tahun dan tergantung dari kuota masing-masing fakultas. Namun, Beasiswa Unggulan berbeda karena terdapat jalur seleksi mandiri nasional sehingga benar-benar objektif dan tidak dapat diintervensi pihak ketiga. Selain itu, tidak tanggung-tanggung, beasiswa ini dapat membiayai perkuliahan mahasiswa sampai lulus dan langsung diberikan kepada mahasiswa yang bersangkutan.

Tidak hanya untuk jenjang S-1, beasiswa ini dapat membiayai kuliah hingga S-2 dan S-3. Untuk tahun 2012, terdapat kurang lebih 1.000 penerima Beasiswa Unggulan.

Pendaftaran beasiswa unggulan tahun ini dibuka mulai 1 Januari 2012 hingga 31 Desember 2012. Pendaftaran dilakukan secara manual dan online di http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id. Bila lulus seleksi, penerima program beasiswa diminta untuk menandatangani kontrak bermaterai dan diberitahu berapa nominal yang diberikan melalui Beasiswa Unggulan sehingga lebih transparan.

Seleksi untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan memang cukup ketat, namun, fasilitas yang diberikan oleh beasiswa tersebut sebanding dengan tingkat kesulitannya. Saya sebagai penerima beasiswa tersebut merasa sangat terbantu dalam membiayai perkuliahan. Selain mendapatkan beasiswa berupa uang, penerima beasiswa juga diberikan pelatihan berupa workshop/soft skill training yang sangat bermanfaat.

Sebagai seorang mahasiswa, saya berharap beasiswa seperti ini terus dilaksanakan oleh pemerintah dan semakin tersosialisasikan sehingga mahasiswa berprestasi lainnya, khususnya yang kurang mampu, dapat menerima beasiswa tersebut demi mencerdaskan anak bangsa. Dengan bertambahnya anggaran negara untuk pendidikan, semoga pemerintah memperbanyak beasiswa seperti ini, karena Beasiswa Unggulan dapat memacu terciptanya iklim kompetisi dan semangat berprestasi yang penting untuk kemajuan bangsa. Ref : Okezone

Share
Share